detikNews
Senin 26 Agustus 2019, 18:13 WIB

Halte Bus dan Stasiun MRT di Sudirman-Thamrin Dipercantik Seni Rupa

Arief Ikhsanudin - detikNews
Halte Bus dan Stasiun MRT di Sudirman-Thamrin Dipercantik Seni Rupa Foto: Halte bus dan stasiun MRT di Sudirman-Thamrin dipercantik seni rupa (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan MRA Media mempercantik halte bus dan stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) dengan seni rupa. Ada 21 halte bus dan 6 stasiun MRT sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin yang telah dihias.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku ingin agar ruang ketiga atau jalanan bisa menjadi sebuah pengalaman. Untuk itu, penambahan unsur seni bisa membantu masyarakat dalam menikmati jalan kaki.

"Ruang ketiga yang diisi ruang kreatif. Ini akan jadi pengalaman baru ketika berinteraksi dan berjalan di satu tempat," ucap Anies di lokasi peresmian Jakarta Art Week 2019 di Stasiun MRT Istora Mandiri, Jalan Jenderal Sudirman, Senin (26/8/2019).


Pemasangan instalasi seni rupa di halte dan stasiun MRT merupakan rangkaian acara pameran Jakarta Art Week 2019. Acara itu diselenggarakan pada 26 Agustus sampai 15 September 2019. Ada 10 seniman perempuan yang berpartisipasi dengan tema Perempuan Bicara Seni.

Halte Bus dan Stasiun MRT di Sudirman-Thamrin Dipercantik Seni RupaFoto: Halte bus dan stasiun MRT di Sudirman-Thamrin dipercantik seni rupa (Arief Ikhsanudin/detikcom)

Bagi Anies, kolaborasi antara pemerintah dengan swasta perlu dalam menghias kota. Pemerintah punya kewenangan dan anggaran tapi kurang dalam kreativitas.


"Pemerintah memiliki otoritas dan memiliki sumber daya. Tapi dari sisi kreativitas, ini biasanya yang dimiliki masyarakat lebih tinggi. Masyarakat memiliki kreativitas tapi tidak punya otoritas dan tidak punya sumber daya," ucap Anies.

Anies berharap semakin banyak masyarakat yang terlibat untuk mempercantik halte bus. "Saat ini baru menggarap di kawasan Sudirman dan Thamrin. Ada 21 halte bus yang digarap. Kita nanti berharap ini bisa diperluas supaya jangkauan dari kreativitas itu lebih luas lagi," ujar Anies.
(aik/gbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com