Gubernur Lukas Enembe Yakin Papua Aman untuk Gelaran PON 2020

Gubernur Lukas Enembe Yakin Papua Aman untuk Gelaran PON 2020

Andhika Prasetia - detikNews
Senin, 26 Agu 2019 16:30 WIB
Gubernur Papua Lukas Enembe (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Gubernur Papua Lukas Enembe (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Provinsi Papua akan menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Gubernur Papua Lukas Enembe meyakini wilayahnya aman saat PON berlangsung.

"Memang di Jayapura masih kondusif. Saya yakin akan aman. Kita koordinasi dengan wali kota karena akan diselenggarakan di tiga tempat saya rasa tidak masalah," ujar Lukas di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2019).

PON akan digelar di 3 wilayah di Papua yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Mimika. Pihak penyelenggara juga mengaku kekurangan dana Rp 4 triliun untuk infrastruktur. Lukas menyebut pemerintah pusat membantu soal pembiayaan.

"Kebutuhannya kan besar, jadi pemerintah support biayanya," kata Lukas.




Sebelumnya, Presiden Jokowi menekankan percepatan infrastruktur penunjang di Papua jelang PON dan Pekan Paralimpiade Nasional 2020. Jokowi meminta menteri terkait dan Lukas Enembe turun ke lapangan mengecek kesiapan PON dan Perpanas (Pekan Paralimpiade Nasional).

"Waktu kita tinggal setahun lagi dan dalam rapat terbatas ini saya ingin menekankan bahwa percepatan pembangunan infrastruktur pendukung penyelenggaraan PON, mulai dari pembangunan venue, non venue hingga kesiapan akomodasi bagi para atlet dan official yang akan datang ke Papua sangat diperlukan," ujar Jokowi di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (26/8).





Tonton Video Tinjau Stadion Papua Bangkit, Jokowi: Fokus jadi Provinsi Sepakbola dan Atletik:

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/dhn)