Bikin Kaget Pemilik! Ada Anak Kambing Lahir Berkepala Dua di Bogor

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Senin, 26 Agu 2019 15:37 WIB
Kambing berkepala dua di Bogor. (Sachril AB/detikcom)
Kambing berkepala dua di Bogor. (Sachril AB/detikcom)
Bogor - Seekor anak kambing lahir dengan kepala dua di Kampung Cikubang RT 14 RW 06, Desa Cikutamahi, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (26/8/2019). Kondisi anak kambing berkepala dua itu lemas.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (26/8), anak kambing berkepala dua itu tampak hanya bisa berbaring. Hewan ini tidak mampu berdiri. Anak kambing ini terlihat memiliki dua kepala yang berhimpitan di satu badan.

"Lahir tadi sekitar pukul 09.30 WIB. Saya yang bantu lahiran induknya. Pas lahir saya kaget kepalanya dua, langsung panggil Umi saya," kata anak pemilik kambing, Titin Fatimah (19), ketika ditemui di rumahnya, Senin (26/8/2019).


Fatimah menjelaskan, induk kambing tadi melahirkan tiga anak. Dari ketiga anak tersebut, satu anak kambing mati.

"Si induk tadi lahiran tiga anak. Anak pertama sehat, sudah bisa diri dan nyusu. Kalau anak kedua mati. Nah, ini anak ketiga, yang kepala dua," lanjut dia.

Dia menyebut selain lemas dan tidak mampu berdiri, anak kambing berkepala dua itu sulit untuk diberikan susu.

"Mau nyusu dari induknya juga kan susah. Tadi dibantu gendong buat nyusu ke induk juga susah. Soalnya kepalanya dua dan dempet gitu. Ini saja kondisinya lemas. Anak kambing kan nyusu dulu, nanti kalau sudah semingguan, baru dikasih rumput buat nyicip-nyicip," beber Fatimah.

Pemilik kambing, Suhenda (60), mengaku kaget. Dia sempat tidak percaya bahwa hewannya memiliki kelainan.


"Tadi anak saya yang bantu lahiran induk, saya pergi ke pasar. Tahunya pas pulang kaget, tetangga bilang anak kambing saya kepalanya dua. Saya sempet nggak percaya. Pas saya lihat sendiri, benar tahunya. Sempet kaget dan ngerasa aneh si soalnya baru pertama kejadian," imbuh Suhenda.

Meski kaget, Suhenda mengaku akan tetap merawat anak kambing berkepala dua ini. Namun Suhenda mengaku tidak mempermasalahkan bila anak kambing kepala dua itu pada akhirnya mati.

"Ya dicoba aja (dirawat). Kalau mati, ya udah tinggal kubur saja. Masalahnya susah dikasih susu juga. Dia saja lemes, berdiri nggak bisa. Total kambing saya tujuh ekor, tapi ini kejadian pertama kali. Sebelumnya, induk lahiran normal, nggak ada yang lahir dengan kepala dua," jelasnya. (gbr/gbr)