Ini Isi Surat Jokowi ke DPR soal Ibu Kota Baru

ADVERTISEMENT

Ini Isi Surat Jokowi ke DPR soal Ibu Kota Baru

Mochamad Zhacky - detikNews
Senin, 26 Agu 2019 15:33 WIB
Presiden Joko Widodo (Foto: BPMI Setpres/Kris)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirimkan surat perihal pemindahan ibu kota negara ke DPR RI. Surat tersebut telah diterima DPR pagi tadi.

Dalam surat tersebut Jokowi mengatakan lokasi ideal ibu kota yang baru adalah di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Letak ibu kota nantinya terbagi di dua kabupaten.

"Mempertimbangkan berbagai aspek sebagaimana hasil kajian terlampir, ibu kota baru yang paling ideal adalah di Provinsi Kalimantan Timur, yang terletak sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara dan sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara," demikian petikan surat Jokowi, seperti dilihat detikcom, Senin (26/8/2019).

Dalam surat tersebut Jokowi menuturkan bahwa Jakarta akan tetap menjadi kota yang diprioritaskan dalam hal pembangunan. Jokowi menyatakan Jakarta akan terus dikembangkan sebagai pusat bisnis.

"Jakarta akan tetap menjadi prioritas pembangunan dan akan terus dikembangkan sebagai pusat bisnis berskala regional dan global," tulis Jokowi.

Ini Isi Surat Jokowi ke DPR soal Ibu Kota BaruFoto: dok istimewa




Jokowi juga mengatakan akan mempersiapkan RUU terkait pemindahan ibu kota ke Kaltim, yang kemudian menyerahkannya ke DPR.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi mengumumkan Kaltim sebagai lokasi ibu kota negara yang baru di Istana Presiden siang tadi. Salah satu pertimbangan pemilihan Kaltim adalah risiko bencana yang minimal.

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di bagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8).



Luas Ibu Kota Baru 180 Ribu Ha, Bagaimana Pembebasan Lahannya?:

[Gambas:Video 20detik]

(zak/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT