detikNews
Senin 26 Agustus 2019, 14:58 WIB

Blak Blakan Ketum PBNU

Kata Said Aqil, di Era Soeharto Kader NU Tak Ada yang Jadi Menag

Sudrajat - detikNews
Kata Said Aqil, di Era Soeharto Kader NU Tak Ada yang Jadi Menag Ketum PBNU Said Aqil Siroj (Iswahyudy/20detik)
Jakarta -

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof Dr KH Said Aqil Siroj mengungkapkan pada masa Orde Baru di bawah Presiden Soeharto, kader NU tak pernah ada yang masuk kabinet, khususnya menjadi Menteri Agama. Para kader berlatar NU baru mengisi kursi Menteri Agama sejak era Reformasi, seperti KH M Tolchah Hasan, KH Said Agil Husin Al-Munawar, Muhammad Maftuh Basyuni, Suryadharma Ali, dan Lukman Hakim Saifuddin.

"Kalau di era Pak Harto nggak ada, saya ggak tahu kenapa. Anda lebih tahu sebabnya," kata Said Aqil dalam Blak blakan yang tayang di detikcom, Senin (26/8).



Untuk diketahui, yang pernah menjadi Menteri Agama pada masa Orde Baru antara lain Prof Mukti Ali, Letjen TNI Alamsyah Perwiranegara, H Munawir Sjadzali, dr Tarmidzi Taher, Prof Quraish Shihab, dan Prof Malik Fajar.



Andai Presiden Joko Widodo kali ini mengajaknya membahas kursi menteri atau meminta nama calon menteri agama, PBNU akan siap memenuhinya. Tapi sejauh ini ajakan atau permintaan dari Presiden belum ada. "Karena itu memang prerogatif Presiden," ujar Said Aqil.

Ia pribadi menepis kemungkinan dirinya untuk menjabat Menteri Agama. "Saya nggak ada potongan jadi menteri. Lebih enak begini saja, lebih bebas. Bisa ke kantor siang-siang," sergah doktor bidang akidah dan firasat Islam dari University Umm al-Qura, Arab Saudi, itu.




Tonton Blak-blakan Said Aqil: Dakwah ala Wali & NKRI Syariah:

[Gambas:Video 20detik]


(jat/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com