10 Nama Capim KPK Diserahkan ke Jokowi 2 September

10 Nama Capim KPK Diserahkan ke Jokowi 2 September

Faiq Hidayat - detikNews
Senin, 26 Agu 2019 09:48 WIB
Yenti Ganarsih (Foto: Ari Saputra)
Yenti Ganarsih (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Pansel akan mengumumkan 10 nama calon pimpinan (capim) KPK pada 30 Agustus 2019. Kemudian, Pansel akan bertemu Jokowi pada 2 September 2019 untuk menyerahkan nama-nama itu.

"Tanggal 30 (Agustus) itu terakhir sudah ada 10 nama. Kalau sudah ada nanti kita sudah melayangkan surat permohonan melalui menteri sekretariat negara, untuk diterima presiden tanggal 2 September," kata Ketua Pansel Capim KPK, Yenti Garnasih di gedung RSPAD, Jalan Abdul Rahman Saleh Raya, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2019).



Setelah menyerahkan 10 nama Capim KPK, Yenti mengatakan tugas pansel sudah selesai. Menurut Yenti, Jokowi akan menyerahkan nama-nama ke DPR.

"Ini sudah sejak awal sudah disoundingkan terus bahwa insyaallah tanggal 2 September kita bisa diterima oleh presiden. Kemudian 10 nama yang diterima presiden terserah beliau, mau diserahkan segera atau mau ditunda beliau, itu adalah hak preogatif presiden kepada DPR," ucap dia.

Lebih lanjut, Yenti menyebut hanya 5 nama yang nanti akan dipilih Jokowi untuk diserahkan kepada DPR. Nantinya DPR akan menggelar fit and proper test.

"Lima (orang dipilih presiden) Undang undang mengatakan kita memberikan 2 kali yang dibutuhkan kepada presiden, dari presiden langsung kepada DPR. DPR men-fit dan proper kan sehingga terdapatlah 5 nama ya," jelas dia.



Hari ini, 20 Capim KPK sedang menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Setelah itu, para capim akan menjalani tes publik dan uji publik di gedung Setneg pada hari besok.

"Jadi masing masing 1,5 jam, satu orang kali 20, dan kemudian itu dibagi dua, wawancara dari pansel dan uji publik dari panelis," kata Yenti.




ICW Pertanyaan Capim KPK soal LHKPN:

[Gambas:Video 20detik]

(fai/imk)