detikNews
Minggu 25 Agustus 2019, 09:16 WIB

Saran Zulhas ke Jokowi soal Papua: Tak Bisa Bangun Jalan Saja, Rebut Hatinya

Rolando - detikNews
Saran Zulhas ke Jokowi soal Papua: Tak Bisa Bangun Jalan Saja, Rebut Hatinya Foto: Ketua MPR Zulkifli (Andhika Prasetia-detikcom).
Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan (Zulhas) memberikan saran kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait peristiwa yang terjadi di Papua. Zulhas mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak bisa hanya membangun infrastruktur tapi juga harus bisa merebut hati masyarakat.

"Hatinya direbut, nggak bisa bangun jalan saja, nggak bisa bangun airport saja. Tapi memang Papua perlu perlakuan khusus. Perlu kesetaraan, memang tidak mudah tentu," kata Zulhas, di Kompleks Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Minggu (25/8/2019).

Zulhas kemudian mengungkapkan kunjungannya yang pernah ke Papua. Zulhas bercerita pernah bermalam bersama masyarakat Papua.

"Merebut hati saudara hati saudara kita Papua, saya dulu sering kesana, tidur, bermalam. Hampir semua Papua sudah saya datang. Memang perlu kita rebut hatinya.

Menurut Zulhas, semua pihak harus menangani Papua, tidak bisa hanya seorang Jokowi. Dia pun mencontoh bagaimana PAN merebut hati masyarakat Papua.

"Kan sudah sering (Jokowi ke Papua), udah sering. Tapi harus bersama-sama nggak bisa dong Presiden sendiri saja harus pemerintahnya, DPR-nya, TNI-nya, contoh-contoh saja kemarin waktu pencalonan DPR saya semua putra terbaik Papua yang kita calonkan dan berhasil dapat dua. Itu satu kehormatan, itu contoh merebut hati," imbuhnya.

Sebelumnya, kerusuhan terjadi di sejumlah daerah di Papua Barat. Fasilitas umum hingga bandara menjadi sasaran kemarahan warga. Kerusuhan itu merupakan buntut aksi protes terkait insiden kekerasan dan pengusiran mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya beberapa hari lalu.

(fdu/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com