detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 17:10 WIB

Jokowi akan Pakai Mobil Dinas Baru, yang Lama Tetap Digunakan

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi akan Pakai Mobil Dinas Baru, yang Lama Tetap Digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) (BPMI Setpres/Kris)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menunggangi Mercedes-Benz S600 Guard sebagai kendaraan dinasnya yang baru. Sedangkan mobil dinas yang lama tetap akan digunakan.

"Masih akan digunakan. Ini kan baru dua (unit), mungkin Pak Presiden 1 dan Pak Wakil Presiden 1. Saya tidak tahu, nanti Pak Mensesneg yang akan mengatur itu. Berarti kan hanya satu yang baru. Sisanya kan masih digunakan yang lama," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di kantor Badan Ekonomi Kreatif, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (23/8/2019).


Mercy memang sengaja membuat S600 Guard sebagai kendaraan khusus yang dirancang dengan tingkat keselamatan dan keamanan tinggi. Mercy S600 Guard dibuat antipeluru dan memiliki lantai antipeluru untuk melindungi penumpangnya dari ledakan bom. Jokowi, kata Heru, juga memberikan pertimbangan terkait mobil dinasnya.

"Ya pertimbangannya keamanan," ujar Heru.


Bagaimana dengan para menteri? Para pembantu Jokowi di kabinet ini juga akan menunggangi mobil dinas baru, yaitu Toyota Crown 2.5 HV G-Executive. Heru menjelaskan alasan pihak Sekretariat Negara baru melakukan pengadaan mobil dinas menteri tahun ini.

"Ya kita lihat mungkin waktu itu kita memperhitungkan masalah prioritas keuangan negara yang masih mungkin masih layak. Kan waktu itu mobil menteri, masih umurnya 4 tahun atau 5 tahun. Masih bisa dipakai menteri yang sekarang 2014-2019. Kalau sekarang kan 10 tahun, kita harus menjaga keamanan-kenyamanan ketika mereka berkendara. Tiba-tiba mogok di tol kan menyulitkan semua," ucap Heru.



Tonton Video Selain Jokowi, Para Menteri Jokowi Bakal Dapat Mobil Baru:

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com