detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 15:31 WIB

Moeldoko Sebut PPD Akan Pesan 130 Unit Bus Listrik MAB Tahun 2020

Andhika Prasetia - detikNews
Moeldoko Sebut PPD Akan Pesan 130 Unit Bus Listrik MAB Tahun 2020 Moeldoko dan bus dari Mobil Anak Bangsa (MAB)
Jakarta - Jenderal (Purn) Moeldoko mengatakan bus listrik dari PT Mobil Anak Bangsa (MAB) banjir peminat. Ia menyebut Perum Pengangkut Penumpang Djakarta (PPD) memesan 130 unit bus listrik itu untuk 2020.

"Banyak permintaannya. Rencananya dari PPD, di antaranya nanti akan pesan 130 unit pada tahun 2020 ini ya. Terus kita juga menyediakan nanti transpor untuk penumpang kota, angkot-angkot itu. Nah itu sudah kita tangani, nanti beberapa kota-kota yang padat, (seperti) Bogor, Bekasi, Batu, Surabaya, sudah persiapan mengganti angkotnya yang sudah tua," ujar Moeldoko di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019).


Sebagai informasi, MAB merupakan bus listrik yang didesain seperti bus-bus di Eropa. Bus MAB sudah mulai beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta.

Namun saat ini bus MAB memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 40%. Komponen-komponen lainnya, kata Moeldoko, tengah dikembangkan di dalam negeri.

"Iya, 40 persen. Mudah-mudahan nanti secepatnya ya. Ini soalnya komponen utamanya masih dari luar. Yang pertama, motor; kedua, baterai. Nanti kalau baterai 2 tahun lagi sudah produksi dalam negeri. Motor kita sedang bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi untuk mengembangkan motornya," ujar Moeldoko, yang juga Kepala Staf Kepresidenan.


Jenis-jenis kendaraan listrik dari MAB juga bervariasi. Ada bus sepanjang 12 meter, 8 meter, dan ada yang model seperti angkutan umum.

"Ada bus ada yang ukuran 12 meter, ada yang 8 meter. Terus ada lagi yang angkot," ucap Moeldoko.


Simak Video "Anies Jajal Bus Listrik TransJakarta ke Bundaran HI"

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/jbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com