Baku Tembak di Wamena, Anggota KKB Serang Polisi dari Mobil

Baku Tembak di Wamena, Anggota KKB Serang Polisi dari Mobil

Ferdinan - detikNews
Jumat, 23 Agu 2019 13:26 WIB
Ilustrasi (Ari Saputra/detikcom)
Ilustrasi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Baku tembak terjadi antara kelompok kriminal bersenjata (KKB) dan polisi di Pasar Jibama, Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Satu anggota KKB tewas dalam baku tembak setelah menolak menyerah.

"Satu tersangka meninggal dunia. Ditemukan revolver dengan 6 peluru di dalam dan 7 butir peluru di kantong," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal saat dihubungi, Jumat (23/8/2019).

Baku tembak di Wamena terjadi saat polisi melakukan penyelidikan terkait letusan senpi pada Kamis (22/8) di wilayah pinggir Wamena. Dua polisi kemudian melihat ada 5 anggota KKB yang berada di pasar Wamena, dua orang di antaranya membawa senjata laras panjang.




"Setelah melihat itu anggota Intelkam melapor ke Kapolres yang sedang memantau wilayah bersama Dandim dan Danyon. Mereka kemudian bergabung dengan anggota yang melakukan patroli untuk melakukan penangkapan," terang Kamal.

Empat anggota KKB melarikan diri ke belakang pasar. Sedangkan satu anggota KKB masuk ke mobil dan menembaki polisi.

"Yang di mobil ini sudah kita kasih peringatan tapi menembak ke arah anggota kita dua kali. Kapolres sempat negosiasi tapi mereka tetap melakukan penembakan ke arah anggota kita dan diperintahkan segera keluar dan menyerahkan diri," ujar Kamal.

Karena menolak, polisi melakukan tindakan tegas. Setelah baku tembak mereda, polisi mendekati mobil yang dinaiki anggota KKB. "Satu tersangka meninggal dunia," kata Kamal. (fdn/tor)