detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 11:28 WIB

Menteri Bakal Dapat Mobil Baru, Luhut: Sudah Mogok Beberapa Kali

Fadhly Fauzi Rachman - detikNews
Menteri Bakal Dapat Mobil Baru, Luhut: Sudah Mogok Beberapa Kali Luhut (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Pengadaan mobil dinas baru bagi menteri dengan anggaran Rp 147 miliar menimbulkan kontroversi. Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan mobil lama menteri sudah beberapa kali mogok.

"Ya mobilnya sudah pada mogok berapa kali," kata Luhut di kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jl Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (23/8/2019).



Luhut heran masalah mobil ini jadi pembahasan lagi. "Masih saja diomongin, heran. Saya saja mobil saya udah saya ganti, mobil saya pribadi sudah saya ganti yang baru," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, anggaran untuk pengadaan mobil dinas baru bagi menteri atau pejabat setingkat menteri ini lebih dari Rp 147 miliar. Proses pengadaan dimulai pada 19 Maret 2019 dan saat ini lelang tender sudah selesai.

Hal itu diketahui dari laman resmi Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) yang dilihat pada Rabu (21/8/2019). Lelang tender ini menggunakan sistem Pascakualifikasi Satu File Harga Terendah Sistem Gugur.



Kementerian Sekretariat Negara menjelaskan pengadaan kendaraan dinas baru bagi menteri karena usia kendaraan sudah 10 tahun. Sedangkan untuk pengadaan mobil dinas baru terakhir kali dilakukan pada 2005 dan 2009.

"Kendaraan dinas yang VVIP Kepresidenan dan para menteri, pejabat setingkat menteri, pimpinan lembaga negara, mantan presiden, dan mantan wakil presiden, mayoritas telah berusia lebih dari 10 tahun. Sebagian besar saat ini kondisinya sering mengalami kerusakan dan tidak efisien, serta tidak layak untuk dipergunakan bagi pejabat negara," ujar Asisten Deputi Humas Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiarto, sebagaimana dikutip dari situs Setkab, Jumat (23/8).



Selain Jokowi, Para Menteri Jokowi Bakal Dapat Mobil Baru:

[Gambas:Video 20detik]


(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com