detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 17:52 WIB

KPAI Minta Duo Semangka Perhatikan Asas Kesusilaan

Farih Maulana Sidiq - detikNews
KPAI Minta Duo Semangka Perhatikan Asas Kesusilaan Pertemuan KPAI dan Duo Semangka (Farih/detikcom)
Jakarta - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memanggil Duo Semangka, Clara Gopa dan Vhanya Kiara untuk mengklarifikasi konten vulgar yang beredar. Hasilnya atas pertemuan itu ada 3 poin yang disepakati.

Ketua KPAI Susanto mengatakan memanggil Duo Semangka itu untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat kepada KPAI. Menurutnya, ada beberapa hal dalam konten mereka dianggap kurang pantas dan tidak patut dengan azas kesusilaan.

"Hari ini ada 3 konten. Satu, 'O Bla Bla Duo Semangka', kedua duo semangka curhat bingung cari P, ketiga duo semangka nyebur di kolam, itu yang kami klarifikasi. Yang bersangkutan mengakui di dalamnya memang personel Duo Semangka," ujar Susanto di Kantornya, Jl Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).



Susanto menyebut aduan masyarakat itu dianggap wajar, lantaran hal itu dalam upaya mendidik anak-anak Indonesia. Lebih jauh, kata Susanto, negara juga tengah gencar dalam meningkatkan karakter anak Indonesia kearah yang positif.

"Bahwa negara punya komitmen besar untuk membangun karakter generasi kita. Tidak hanya cerdas, namun baik dalam prilaku, berprilaku positif," katanya.



Sementara itu, Komisioner Bidang Pornografi dan Cyber Crime KPAI, Margaret Aliyatul menyebut dari pertemuan itu menghasilkan 3 poin. Pertama, Duo Semangka membenarkan bahwa orang yang ada dalam konten itu adalah dirinya.

"Kedua, KPAI kami minta duo semangka sebagai bagian pekerja seni yang berpengaruh dan memiliki penggemar cukup banyak agar segala aktivitas seni yang ditampilkan itu memperhatikan azas kepatutan dan kesusilaan yang berlaku di Indonesia. KPAI mengajak mereka untuk bersama-sama mengupayakan perlindungan anak baik offline dan online," katanya.



Ketiga, kata Margaret Duo Semangka menyetujui dan berkomitmen untuk menginovasi kegiatan yang memeberikan dampak posistif bagi tumbuh kembang anak.

"Untuk hal ini tentu saja KPAI pasca pertemuan ini tidak membiarkan saja. Tapi KPAI akan mengawasi apa yang sudah disetujui dan menjadi komitmen kami dengan mereka," pungkasnya.




Tonton Video Duo Semangka: Kalau Dipanggil KPI Bisa Pingsan!
(imk/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com