detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 16:07 WIB

2 Turis Jerman yang Hilang di Gunung Lokon Ditemukan

Michelle De Jonker - detikNews
2 Turis Jerman yang Hilang di Gunung Lokon Ditemukan Foto: Tim SAR cari turis Jerman yang hilang (Dok ist)
Manado - Dua turis Jerman yang mendaki tersesat saat mendaki Gunung Lokon, Tomohon, Sulut, berhasil ditemukan. 2 turis itu mendaki gunung tanpa adanya pemberitahuan dan guide.

Peristiwa bermula pada Rabu (21/8), saat 2 WNA asal Jerman, menginap di salah satu resort di Tomohon, Higland resort. Kedua turis ini melakukan pendakian Gunung Lokon tanpa pemberitahuan kepada pihak resort, dan tidak didampingi pemandu wisata atau guide.

Dua orang WNA tersebut atas nama, Erick Daniel Hagel (L) dan Laura Fabienne Bauer (P). Kedua korban tersebut terakhir melakukan kontak dengan pihak penginapan pada Kamis (22/8/2019) pukul 01.00 wita dini hari. 2 orang itu mengirim pesan soal kondisi mereka dan titik lokasi terakhir melalui kontak person konsulat Jerman di Makassar.



Mendapatkan kabar itu, Tim SAR bergerak dan mencari korban sesuai titik terakhir yang mereka kirim ke konsulat Jerman.

"Kami bergerak cepat pasca menerima informasi dua turis asal Jerman tersesat, mereka kamu temukan selamat namun hanya sedikit mengalami luka-luka", kata Kepala Kantor Basarnas Manado, Gede Darmada, kepada detikcom.



Perlu diketahui pendakian Gunung Lokon bebatuan dan pasir, sangat tidak disarankan mendaki di waktu hujan beresiko tinggi akan tergelincir, terlebih lagi bagi para wisatawan atau turis diwajibkan untuk menggunakan jasa pemandu atau guide.

Gunung Lokon memiliki ketinggian 1.580 meter dari permukaan laut, gunung ini memiliki keindahan eksotis yang cukup terkenal sampai ke mancanegara.



Simak juga video Remaja Inggris Hilang di Malaysia:

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com