Dari Mabes TNI AD, Mahasiswa Papua Pindah Aksi ke Depan Istana

Rolando - detikNews
Kamis, 22 Agu 2019 13:43 WIB
Mahasiswa asal Papua menggelar aksi di depan kompleks Istana Kepresidenan. (Rolando/detikcom)
Jakarta - Sejumlah mahasiswa yang sempat berdemo di depan Mabes TNI AD memprotes insiden di Asrama Papua, Surabaya, berpindah lokasi. Kini massa mahasiswa berdemo di depan kompleks Istana Kepresidenan.

Pantauan detikcom, di Taman Aspirasi depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019), massa mahasiswa tiba sekitar pukul 13.05 WIB. Kedatangan mereka dikawal aparat kepolisian dan TNI.

Saat bergeser dari depan Mabes TNI AD menuju depan Istana Negara, para mahasiswa mendengarkan orasi. Orator mengatakan mahasiswa di Jawa hanya ingin kuliah dan tidak melakukan rasisme.

"Kawan-kawan, orang Papua tidak pernah melakukan rasisme. Kami di Papua multietnis, kami di Jakarta, Jawa, hanya ingin kuliah," ujar orator di atas mobil komando.



Setiba di depan Istana Negara, para mahasiswa langsung menggelar aksi. Mereka membuat lingkaran dan berteriak-teriak dengan bahasa Papua.

Sementara itu, aparat kepolisian membuat barikade hidup di depan massa mahasiswa. Lalu lintas di depan Istana Negara pun ramai lancar.

Dari Mabes TNI AD, Mahasiswa Papua Pindah Aksi ke Depan IstanaMahasiswa asal Papua menggelar aksi di depan kompleks Istana Kepresidenan. (Rolando/detikcom)


Sejak pagi tadi, massa yang sama melakukan demonstrasi di depan Mabes TNI AD. Mereka sempat dihalau personel kepolisian dan TNI tapi aksi tetap berjalan.



Ketegasan Hukum, Akhiri Konflik Papua:

[Gambas:Video 20detik]


Dari Mabes TNI AD, Mahasiswa Papua Pindah Aksi ke Depan Istana
(fjp/fjp)