detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 13:29 WIB

Hadiri HUT Pramuka, Ridwan Kamil Bicara Syarat RI Jadi Negara Adidaya

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Hadiri HUT Pramuka, Ridwan Kamil Bicara Syarat RI Jadi Negara Adidaya Foto: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri upacara peringatan Hari Pramuka ke-58 di Stadion Pakansari, Bogor. (Sachril-detikcom)
Bogor - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri upacara peringatan Hari Pramuka ke-58 Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019. Ridwan mengatakan pramuka menjadi salah satu penentu dalam menjadikan Indonesia sebagai negara adidaya.

Upacara peringatan Hari Pramuka itu digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (22/8/2019). Ridwan tiba datang dengan menggunakan helikopter dari Bandung.


Ridwan menjelaskan, agar Indonesia bisa menjadi negara adidaya, para generasi muda, milenial atau generasi Z, harus memiliki nilai-nilai kompetitif, produktif, dan jiwa kepemimpinan. Nilai-nilai itu, katanya, ada di sosok pramuka.

"Kunci mengurus pemuda tidak susah, yang penting pemuda itu sibuk. Asal kesibukannya positif," kata Ridwan dalam sambutannya.

Ridwan mengatakan pramuka harus memiliki skill digital dalam menghadapi era industri 4.0. Selain itu, pramuka juga harus bisa menjadi teladan dalam membela Pancasila dan melawan radikalisme.

"Kita juga memberikan komitmen-komitmen yang luar biasa kepada pramuka. Insyaallah anggaran kepramukaan akan terus ditingkatkan agar program-program positif bisa menjadi luar biasa dan mempunyai pengaruh positif ke pemuda-pemuda di Jawa Barat," tuturnya.


Selain itu, katanya, Indonesia bisa menjadi negara adidaya bila kondusifitas sosial dan politik terjaga. Ridwan yakin Indonesia bisa masuk lima besar negara adidaya pada 2045.

"Ekonomi Indonesia pun terjaga minimal 5 persen. Oleh karenanya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan terus membangun infrastruktur ekonomi, membangun ekonomi inklusif di desa-desa, dan tentunya membangun wilayah dengan investasi. Jika kita selalu bersatu, damai, insyaallah 2045 kita bisa negara adidaya ranking 3, rangking 4 atau rangking 5 dari 200 negara di dunia," imbuh dia.



Peringati Hari Pramuka, Jokowi Dianugerahi Tunas Kencana:

[Gambas:Video 20detik]


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com