detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 12:25 WIB

Gerombolan Hiu Menepi ke Pantai Nusa Dua, Diduga karena Ikan Pelagis

Aditya Mardiastuti - detikNews
Gerombolan Hiu Menepi ke Pantai Nusa Dua, Diduga karena Ikan Pelagis Foto: Hiu muncul di Pantai Nusa Dua, Bali. (Aditya-detikcom)
Badung - Kemunculan gerombolan hiu yang berenang mendekat ke Pantai Nusa Dua, Bali diduga karena mencari mangsa. Bulan Agustus ini memang diketahui sebagai musim ikan pelagis atau ikan yang hidup di lapisan permukaan perairan pantai.

"Saat musim ikan pelagis, hiu sering datang. Ikan-ikan pelagis merupakan makanan ikan hiu," kata Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar Suko Wardono ketika dimintai konfirmasi, Kamis (22/8/2019).


Suko mengatakan ada aneka jenis ikan yang hidup di permukaan lapisan pantai di Pulau Dewata. Ikan-ikan ini memang menjadi sumber daya hayati perairan di Nusa Dua maupun Pulau Bali.

"Ikan pelagis itu ikan yang ada di permukaan perairan seperti kembung, layang, lemuru, dan lain-lain. Banyak ditemukan di semua perairan termasuk Nusa Dua," jelasnya.

Meski begitu, Suko belum bisa menentukan jenis hiu yang muncul di perairan Pantai Peninsula, Nusa Dua, Selasa (20/8) itu.

"Untuk mengetahui jenisnya harus diidentifikasi dengan cermat, di gambar agak samar-samar," jelasnya.


Terpisah, Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Pengambengan Bagus Oktori Sutrisno mengatakan perairan selat Bali dan selatan Bali memang menjadi habitat beberapa jenis ikan pelagis. Dia menyebut puncak panen ikan-ikan ini akan berada pada Oktober mendatang.

"Di perairan selat Bali dan selatan Bali (Nusa Dua) potensi ikan pelagisnya banyak. Puncak musim panen kami perkirakan sekitar bulan Oktober," jelas Bagus.

Sebelumnya diberitakan, video sejumlah ikan hiu berenang mendekat ke bibir pantai kawasan Nusa Dua, Bali, viral di media sosial. Kerumunan hiu itu menjadi perhatian para turis-turis yang berada di lokasi tersebut.



Video Kawanan Hiu Muncul di Pantai Nusa Dua:

[Gambas:Video 20detik]


(ams/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com