HNW Sebut Rapat MPR Semalam Tak Definitif Bahas Penambahan Pimpinan

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 22 Agu 2019 11:45 WIB
Foto: Hidayat Nur Wahid (Tsarina/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) menyebut rapat pimpinan MPR yang dilakukan tadi malam hanya membahas soal tata tertib (tatib). Wacana 10 pimpinan MPR disebut Hidayat juga dibahas namun tak secara definitif.

"Saya kira tidak secara definitif dibahas begitu (soal 10 pimpinan MPR). Tapi bahwa kemudian ada masukan-masukan, ada sekian banyak wacana, ya biasa kalau itu dibahas," kata Hidayat di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2019).



Menurut Hidayat, pimpinan MPR saat ini akan mengakomodasi wacana-wacana yang berkembang soal penambahan jumlah pimpinan untuk periode berikutnya. Namun, dirinya menegaskan rapat tadi malam bukanlah forum untuk pengambilan keputusan.

"Secara prinsip itu bagian daripada wacana yang berkembang ya, dan tentu pimpinan MPR akan mengakomodasi wacana-wacana yang ada. Keputusannya nanti tentu akan diambil dalam rapat gabungan pimpinan MPR dengan pimpinan fraksi dan kelompok anggota MPR. Mungkin akan dilakukan pada akhir Agustus ini, tunggu saja nanti waktunya," ujarnya.



Lebih lanjut, Hidayat menjelaskan rapat pimpinan MPR tadi malam lebih intensif membahas soal alat kelengkapan MPR, terutama lembaga pengkajian. Menurutnya, ada wacana memasukkan lembaga pengkajian ke dalam tim ahli MPR.

"Tadinya ada pemikiran untuk masuk lembaga pengkajian ini menjadi staf menjadi tim ahli daripada MPR, tetapi sebagian menghendaki agar itu tetap dilanjutkan. Dan saya kira pimpinan MPR, saya juga setuju untuk itu tetap dilanjutkan, tetapi dengan sebuah perbaikan terhadap aturan yang ada sehingga ada koordinasi yang baik dan maksimalisasi program antara lembaga pengkajian dengan badan pengkajian," jelasnya.



Tonton video PPP soal Wacana 10 Pimpinan MPR: Prabowo Sambut Baik:

[Gambas:Video 20detik]

(azr/knv)