detikNews
Rabu 21 Agustus 2019, 13:46 WIB

Rencanakan Layanan Psikososial Papua, Mensos Koordinasi ke Polri-TNI

Dwi Andayani - detikNews
Rencanakan Layanan Psikososial Papua, Mensos Koordinasi ke Polri-TNI Foto ilustrasi: Mensos, Agus Gumiwang Kartasasmita (Agung Pambudhy/detikcom)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Jakarta - Kementerian Sosial (Kemensos) hendak ikut menangani situasi usai kerusuhan di Manokwari dan Sorong, Papua Barat. Kemensos tengah mempertimbangkan untuk menurunkan Tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP).

"Kita masih assessment, tim dari Jamsos sekarang sudah turun. Kami sekarang sedang mempertimbangkan untuk men-deploy beberapa tenaga kita yang ada dalam LDP, layanan psikososial, itu kita sedang melakukan assement," ujar Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita, di Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial RI Jl Salemba Raya, Rabu (21/8/2019).



Agus mengatakan, saat ini faktor kemanan di Papua tengah dipertimbangkan. Oleh karena itu, menurutnya pihaknya terus melakukan koordinasi dengan kepolisian dan TNI.

"Tapi tentu juga karena di sini ada kepentingan faktor keamanan yang juga dijaga, maka kordinasi antara Kementerian Sosial dan pihak kemanan baik itu kepolisian dan TNI itu dilapangan terus menerus kita lakukan. Maka penanganan-penanganan juga tidak parsial," kata Agus.



Agus menyebut, warga Papua perlu dilayani dengan baik. Selain itu, masyarakat Papua juga disebut sebagai subjek yang dapat menentukan pembangunan daerahnya.

"Pada intinya Kementerian Sosial juga menganggap bahwa saudara kita warga Papua itu harus kita layani dengan baik, harus kita anggap sebagai subjek dari pembangunan," kata Agus.

"Dia harus bisa menentukan sendiri jenis pembangunan yang ada di daerahnya sebagai subjek," sambungnya.



Menurut Agus, saat ini pendekatan terkait kesejahteraan sosial diperlukan dalam kasus Papua.

"Pendekatan kesejahteraan sosial itu merupakan sebuah pendekatan yang menurut pandangan saya, dalam konteks Papua sangat penting dibandingkan dengan pendekatan lain," tuturnya.

Diketahui, Kondisi Manokwari dan Sorong, Papua Barat, kondusif pascarusuh. Tim gabungan TNI-Polri berpatroli mengantisipasi rusuh susulan.

Terkait kerusuhan di Manokwari, tiga personel Polri terluka terkena lemparan batu. Peristiwa itu terjadi saat upaya negosiasi dengan massa yang mulanya berunjuk rasa sambil memblokade jalan.


Wali Kota Malang Gelar Ngobrol Bareng Mahasiswa Papua:

[Gambas:Video 20detik]




(dwia/dnu)


FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com