Cak Imin Sapa 'Ketum PSI Cantik', PSI Sebut Grace Natalie Santai

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rabu, 21 Agu 2019 10:51 WIB
Ketum PSI Grace Natalie (Foto: Istmewa)
Ketum PSI Grace Natalie (Foto: Istmewa)
Jakarta - Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sempat melontarkan candaan 'cantik' saat menyapa Ketum PSI Grace Natalie di acara Muktamar V dan telah meminta maaf. Sekjen PSI Raja Juli Antoni mengatakan sang ketum menanggapi santai candaan itu.

"Saya lihat di layar, Sis Grace santai saja, karena suasana di ruangan memang santai," kata pria yang akrab disapa Toni itu kepada wartawan, Rabu (21/8/2019).



Toni, yang saat itu juga mendampingi Grace ke Muktamar V PKB di Nusa Dua, Badung, Bali, memang menyayangkan candaan tersebut. Mengingat hal tersebut cukup sensitif di kalangan aktivis perempuan.

"Saya paham sekali para aktivis perempuan (berjenis kelamin perempuan dan laki-laki) sangat sensitif dengan objektivikasi fisik. Seolah perempuan tidak punya aspek lain untuk dibicarakan, kecuali fisik," ujarnya.

Namun, di sisi lain, Toni juga memahami bahwa Cak Imin tak bermaksud menyinggung Grace. Apalagi, kata dia, Cak Imin juga telah meminta maaf atas tindakannya tersebut. Toni pun berharap peristiwa ini bisa menjadi pembelajaran bagi semua pihak.

"Tapi saya rasa Cak Imin tidak bermaksud melakukan itu. Cak Imin ingin menyapa setiap ketua umum yang hadir dengan baik, namun beliau lupa nama Ketum PSI kemudian spontan saja keluar omongan itu," kata Toni.

"Lagi pula saya baca Cak Imin sudah minta maaf di depan media. Jadi saya kira sudah cukup ya. Jadi pelajaran saja buat kita bersama," imbuh dia.



Sebelumnya, candaan 'cantik' Cak Imin saat menyapa Ketum PSI Grace Natalie dilakukan di acara Muktamar V PKB di Bali. Cak Imin menyebut 'siapa Ketum PSI cantik ini' karena lupa pada nama Grace saat hendak menyapanya.

Candaan itu pun kemudian mendapat sorotan PSI via Twitter yang menyayangkan tindakan Cak Imin. Menanggapi respons PSI, Cak Imin pun meminta maaf.

"Ya mohon maaflah, mohon maaf," kata Cak Imin di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali.



Sah! Cak Imin Terpilih Aklamasi Jadi Ketum PKB 2019 - 2024:

[Gambas:Video 20detik]

(mae/imk)