detikNews
Rabu 21 Agustus 2019, 09:48 WIB

Irjen Anang Revandoko Resmi Jabat Dankor Brimob Polri

Matius Alfons - detikNews
Irjen Anang Revandoko Resmi Jabat Dankor Brimob Polri Foto: Matius Alfons/detikcom
Depok - Irjen Anang Revandoko resmi menjabat Komandan Korps Brimob (Dankor Brimob). Anang menjabat sebagai Dankor menggantikan Irjen Ilham Salahudin.

Upacara Sertijab Pataka Dankor Brimob dilaksanakan di Lapangan Moehammad Jasin Mako Brimob, Cimanggis, Depok, Rabu (21/8/2019) pukul 08.00 WIB. Irjen Ilham Salahudin menyerahkan jabatan Dankor Brimob kepada Irjen Anang Revandoko yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalimantan Tengah.

"Pagi ini saya merasa bangga dan terhormat telah terima pataka Korps Brimob Polri, ini amanat dan kehormatan yang diberikan kepada saya untuk pimpin seluruh prajurit Korps Brimob Polri, yang setia, tabah, berani, dan tidak ragu sebagai perekat bangsa yang bhineka tunggal ika," kata Anang di depan personel Korps Brimob.

Anang mengungkapkan pengabdian yang paling membanggakan yakni jika dapat melakukannya dengan baik. Ia juga berpesan agar personel Korps Brimob selalu menjaga Pancasila dan UUD1945.

"Sebagai Brimob sejati saya ajak seluruh prajurit, selalu menjaga Pancasila, UUD 1945 sebagai dasar negara Republik Indonesia, serta saya mengajak seluruh prajurit Brimob sejati untuk tanamkan rasa cinta dan bangga ke satuan Brimob Polri ini, percayalah kesatuan ini akan cintai dan beri kebanggaan," ucapnya.



Selain itu, Pejabat lama Dankor Brimob, Salahudin juga berterima kasih atas kepercayaan menjadi Dankor Brimob. Ia juga percaya Brimob Polri akan lebih baik dipimpin oleh Pejabat Dankor Brimob yang baru.

"Saya titipkan ke Dankor Brimob Polri, saya percaya dari pengalaman Brimob dan pengalaman di wilayah, Irjen Anang Revandoko mampu bawa Brimob ke depan lebih baik. Terima kasih dan saya pribadi mohon maaf ke masyarakat, senior sesepuh dan anggota Brimob seluruh Indonesia ketika saya pimpin ada hal belum sempurna, yakinlah akan dilengkapi Dankor Brimob," ungkapnya.

Upacara serah terima ini diikuti sejumlah tokoh. Di akhir acara, hiburan tari-tarian nusantara ikut memeriahkan upacara tersebut.

Kemudian dalam kesempatan ini juga para personel Brimob Polri mengucapkan ikrar Nusantara. Berikut ini isi ikrar Brimob Nusantara:

Kami Brimob Sejati, berjanji:
1. Satya Haprabu
Setia kepada negara dan pimpinannya
2. Hanyaken Musuh
Mengenyahkan musuh-musuh negara dan masyarakat
3. Gineung Pratidina
Senantiasa mengagungkan negara
4. Tansatrisna
Tidak terikat trisna pada sesuatu.


(maa/mea)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com