detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 14:25 WIB

Fadli Zon Minta Polri Investigasi soal Insiden di Asrama Papua Surabaya

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Fadli Zon Minta Polri Investigasi soal Insiden di Asrama Papua Surabaya Fadli Zon (Tsarina/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon prihatin atas kejadian yang menimpa mahasiswa Papua di Surabaya ataupun kerusuhan yang terjadi di Manokwari, Papua Barat. Fadli pun meminta kepolisian mengusut tuntas pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam insiden tersebut.

"Dan juga ada pengusutan terhadap pihak-pihak yang bertanggung jawab, baik mungkin yang perlu ada investigasi terhadap dugaan-dugaan, mungkin dianggap pelecehan terhadap bendera Merah Putih kita, atau juga melakukan ucapan yang rasis ya," kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (20/8/2019).

"Saya kira penegakan hukum adalah salah satu cara yang baik untuk menyelesaikan masalah sehingga ada keadilan," imbuhnya.



Fadli meminta semua pihak tenang karena isu yang menyangkut suku dan etnis merupakan isu sensitif. Terkait suara dari anggota Dewan asal Papua dan Papua Barat dalam interupsi di rapat paripurna DPR hari ini, Fadli mengatakan akan menyampaikannya kepada pihak terkait.

"Tadi juga ada masukan-masukan dari rekan-rekan anggota DPR RI dari dapil Papua dan Papua Barat, tentu nanti masukan itu akan kita teruskan pada pihak terkait, pada institusi kepolisian untuk segera mengusut pihak-pihak yang dianggap bisa memicu atau memprovokasi keadaan," ujarnya.



Fadli juga berharap ada penanganan yang cepat dan tepat dari pemerintah. Ia menegaskan akan menyampaikan aspirasi dari Papua ke pemerintah pusat.

"Nanti kami juga akan melakukan rapat dengan tim pemantauan otsus Papua, karena di situ sebagian besar anggota DPR yang mewakili dapil Papua dan Papua Barat juga ada di sana untuk menerima masukan-masukan sehingga kita bisa menyampaikan ke pihak pemerintah," pungkas Fadli.



Brimob Sulsel Bantu Pengamanan di Papua:

[Gambas:Video 20detik]


(azr/mae)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com