JK soal Ceramah 'Salib': Yang Terjadi pada Ustaz Somad Harus Diklarifikasi

JK soal Ceramah 'Salib': Yang Terjadi pada Ustaz Somad Harus Diklarifikasi

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Selasa, 20 Agu 2019 14:18 WIB
Wapres Jusuf Kalla (Foto: Biro Setwapres)
Wapres Jusuf Kalla (Foto: Biro Setwapres)
Jakarta - Ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) yang membahas salib menjadi viral di media sosial dan berbuntut pelaporan ke polisi. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengimbau pemuka agama berdakwah dengan pesan-pesan yang menyejukkan.

"Ya pasti, pertama, kita semua Islam, Kristen, Buddha dalam berdakwah maupun memberikan khotbahnya haruslah lebih adem dan lebih menghormati satu sama lain," kata JK di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2019).


JK meminta video yang viral tersebut segera diklarifikasi. Dia pun meminta UAS mengikuti prosedur yang berlaku terkait ceramahnya tersebut.

"Apa yang terjadi pada Ustaz Somad itu tentu harus diklarifikasi. Karena juga banyak usulan, ya dilalui dengan proses di negeri ini," jelasnya.

Seperti diketahui, video UAS yang membahas salib beredar di media sosial. UAS sendiri sudah menyampaikan klarifikasi dan menyebut ceramahnya dilakukan di forum internal tertutup.


Ia mengaku heran video pengajiannya yang menjawab pertanyaan jemaah soal salib menjadi viral. UAS menyebut pengajiannya itu dilakukan sekitar tiga tahun lalu. UAS mengatakan penjelasannya mengenai salib merupakan pertanyaan dari jemaah. Dia menyebut lokasi pengajian saat itu berada di Pekanbaru, Riau.

"Kenapa diviralkan sekarang, kenapa dituntut sekarang? Saya serahkan kepada Allah SWT. Sebagai warga yang baik, saya tidak akan lari, saya tidak akan mengadu. Saya tidak akan takut karena saya tidak merasa bersalah, saya tidak pula merusak persatuan dan kesatuan bangsa," tuturnya.


Atas video tersebut, beberapa pihak melaporkan UAS ke polisi. Setidaknya ada empat pihak yang telah melaporkan UAS, yaitu Horas Bangso Batak (HBB), seorang dosen universitas swasta di Jakarta bernama Manotar Tampubolon, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), dan Presidium Rakyat Menggugat (PRM).




Ustaz Abdul Somad Jelaskan soal Salib yang Viral:

[Gambas:Video 20detik]

(tsa/fjp)