Pascarusuh di Bandara Sorong, Penerbangan Timika-Sorong Dibatalkan Sementara

Saiman - detikNews
Selasa, 20 Agu 2019 09:47 WIB
Bandara Mozes Kilangin Timika (Saiman/detikcom)
Timika - Penerbangan dari Timika, Papua, dengan tujuan Sorong-Manado-Makassar dibatalkan sementara. Pembatalan itu diduga akibat kerusuhan yang terjadi di kawasan Bandara Domune Eduard Osok (DEO), Sorong, Papua Barat.

Pembatalan sementara itu disampaikan Kapolsek Kawasan Udara (KP3 Udara) Ipda Enis M Romony. Enis mengungkapkan pembatalan penerbangan dengan rute ke wilayah Sorong disebabkan situasi.

"Informasi yang kami peroleh bahwa tidak ada permasalahan gangguan maskapai, kemungkinan karena situasi di sana yang membuat maskapai terpaksa membatalkan penerbangan ke sana," kata Ipda Enis kepada wartawan, Selasa (20/8/2019).



Sementara itu, pihak pengelola Bandara Mozes Kilangin Timika, Papua, sampai saat ini belum bisa dimintai konfirmasi terkait pembatalan sementara penerbangan dengan rute Timika menuju Sorong-Manado-Makassar tersebut.

Sebelumnya, kerusuhan yang terjadi di Papua Barat merambat hingga Bandara DEO Sorong. Massa yang merangsek bandara memecahkan kaca-kaca terminal Bandara Sorong. Selain itu, mobil di area parkir dirusak.

Namun kerusuhan di bandara tak berlangsung lama. Aparat keamanan dan petugas bandara berhasil mengamankan dan mengendalikan situasi menjadi kondusif. Kendati demikian, beberapa penerbangan maskapai menuju Sorong sebelumnya juga ditunda untuk sementara dengan alasan keamanan.




Kerusuhan Meluas, Massa Serbu Bandara DEO Sorong:

[Gambas:Video 20detik]

(mae/fjp)