Round-Up

Video Bahas Salib Diviralkan, Ustaz Somad Dilaporkan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 20 Agu 2019 08:36 WIB
Ustaz Abdul Somad alias UAS (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)
Jakarta - Ustaz Abdul Somad (UAS) heran video dirinya menjawab pertanyaan jemaah tentang salib di pengajian viral di media sosial (medsos). Tiga poin disampaikan UAS setelah videonya banyak tersebar di medsos.

UAS menyinggung hal ini saat mengisi pengajian di Masjid At-Taqwa, Indragiri Hulu, Riau, Sabtu (17/8). Videonya kemudian diunggah lewat channel YouTube FSRMM TV pada Minggu (18/8) dengan judul 'Klarifikasi Tentang Anggapan Ustadz Abdul Somad Menghina Kristen / Menghina Salib'.

Pada poin pertama, UAS mengatakan video soal salib itu disampaikan saat menjawab pertanyaan jemaah. Kedua, UAS mengaku kajiannya disampaikan dalam forum tertutup di masjid.
"Itu pengajian di dalam masjid tertutup, bukan di stadion, bukan di lapangan sepak bola. Bukan di TV, tapi untuk intern umat Islam menjelaskan pertanyaan umat Islam mengenai patung dan tentang kedudukan Nabi Isa. Untuk orang Islam dalam sunah Nabi Muhammad," jelas UAS.

Yang terakhir, UAS menegaskan pengajian tersebut sudah lama. Dia mengatakan menyampaikan kajian tersebut sekitar tiga tahun lalu di salah satu Masjid Annur di Pekanbaru, Riau, dalam sebuah kajian subuh.

Lalu UAS mengaku heran pernyataannya tersebut diviralkan baru-baru ini. Dia berjanji tidak akan lari bila video tersebut dipermasalahkan.


"Kenapa diviralkan sekarang, kenapa dituntut sekarang? Saya serahkan kepada Allah SWT. Sebagai warga yang baik saya tidak akan lari, saya tidak akan mengadu. Saya tidak akan takut, karena saya tidak merasa bersalah, saya tidak pula merusak persatuan dan kesatuan bangsa," ujarnya.

Setelah viral, beberapa pihak melaporkan UAS ke polisi. Setidaknya ada empat pihak yang telah melaporkan UAS yaitu Horas Bangso Batak (HBB), seorang dosen universitas swasta di Jakarta bernama Manotar Tampubolon, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), dan Presidium Rakyat Menggugat (PRM).

Selanjutnya
Halaman
1 2