detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 09:51 WIB

HUT RI, Abang Gojek Rajut Merah Putih dari Sabang hingga Merauke

Akfa Nasrulhak - detikNews
HUT RI, Abang Gojek Rajut Merah Putih dari Sabang hingga Merauke Foto: Akfa Nasrulhak
Jakarta - Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Gojek menggelar Festival Merah Putih Mitra sebagai acara puncak dari Kirab Merajut Nusantara. Kegiatan yang melibatkan ribuan mitra driver dari Sabang hingga Merauke telah diselenggarakan sejak Juli lalu sekaligus menyebarkan atribut baru Gojek.

Dalam acara puncak dari Kirab Nasional Merajut Nusantara tersebut, kegiatan diawali dengan melibatkan belasan ribu mitra driver Gojek untuk mengikuti upacara bendera dalam peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia. Chief Operations Officer Gojek, Hans Patuwo didaulat menjadi inspektur upacara. Dalam pidatonya, Hans turut bangga atas keberhasilan para mitra Gojek yang telah bersama-sama menyukseskan Kirab Merajut Nusantara.

"Bertepatan dengan peringatan HUT ke-74 RI, mitra Gojek yang telah menempuh ribuan kilometer, dari barat dan timur Indonesia telah kembali dan berkumpul bersama kita di sini dengan sehat dan selamat. Mereka telah menyelesaikan perjalanan Kirab Merajut Nusantara yang puncaknya hari ini, kita gelar Festival Merah Putih bersama mitra," ujar Hans, di Lapangan Bumi Perkemahan Cibubur, Sabtu (17/8/2019).


Hans menambahkan, Kirab Merajut Nusantara adalah bagian dari rangkaian kegiatan terkait evolusi Gojek sebagai karya anak bangsa yang mampu menjadi platform teknologi on-demand terdepan di Indonesia, bahkan sampai di Asia Tenggara.

Kirab Merajut Nusantara telah melibatkan ribuan driver di berbagai kota di Indonesia dengan semangat baru, dan membawa pesan solidaritas. Pada 26 Juli lalu, Kirab Merajut Nusantara dimulai dengan mengirimkan 10 mitra driver dan atribut baru dari Jakarta ke 5 kota tempat festival apresiasi mitra dilaksanakan, yaitu Medan, Makassar, Surabaya, Yogyakarta dan Bandung.

"Dari Medan dan Makassar, kemudian bergerak menuju Sabang dan Merauke. Selama dalam perjalanan kembali ke Jakarta, tim merah dari Sabang, dan tim putih dari Merauke, masing-masing turut mengobarkan semangat merah putih jelang hari kemerdekaan," ujarnya.


Senior Manager Corporate Affairs Gojek, Alvita Chen menambahkan, tim dari Sabang membawa potongan bendera berwarna merah, sedangkan tim dari Merauke berwarna putih. Setelah itu, sebelum dilakukannya upacara, bendera putih dan merah yang telah dibawa tersebut dirajut di tengah lapang, sebagai simbolis untuk menunjukkan seumpama dulu, ibu negara Indonesia pertama, Fatmawati yang menjahitkan kain merah dan putih untuk dikibarkan saat proklamasi pada 1945.

Selain itu, lanjut Alvita, hal menarik lainnya adalah di samping kirab bendera, para mitra driver juga melakukan ekspedisi 7 penyelaman laut dan 4 pendakian gunung di Indonesia. Ekspedisi penyelaman, dilakukan di Gili Trawangan, Pahawang Lampung, Derawan Kalimantan, Bunaken Manado, Kepulauan Seribu, Sabang Aceh, Raja Ampat.

Sedangkan untuk pendakian, mitra driver Gojek melakukan ekspedisi di Gunung Sindoro Jawa Tengah, Gunung Mahameru Jawa Timur, Gunung Kerinci Jambi, dan Gunung Bawakaraeng Sulawesi Selatan.

"Acara yang kami lakukan, Kirab Merajut Nusantara ini idenya dari mitra sendiri. Jadi mitra dari Jakarta itu sebagai pionirnya Gojek, ingin berbagi semangat kekeluargaan kepada mitra dari Sabang sampai Merauke," ujarnya.

Alvita menambahkan, selama kurang dari satu bulan sejak pertama kali diperkenalkan, bersamaan dengan gelaran Kirab Merajut Nusantara, sebanyak lebih dari 100 ribu atribut baru Gojek telah didistribusikan dan dikenakan mitra Gojek se-Nusantara. Dalam kesempatan itu pula, tersedia loket penjualan atribut baru untuk mitra yang hadir agar memperluas jangkauan identitas super app tersebut.



Cara Unik Petani Magetan Sambut HUT RI, Konvoi di Sawah Pakai Traktor:

[Gambas:Video 20detik]


(mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com