detikNews
Minggu 18 Agustus 2019, 16:41 WIB

Bangga! Saat Merah Putih 'Selimuti' Burj Khalifa di Dubai

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Bangga! Saat Merah Putih Selimuti Burj Khalifa di Dubai Merah-putih menyala-nyala di gedung Burj Khalifa. (Dok. @kbriabudhabi)
Dubai - Ada yang berbeda dari peringatan HUT ke-74 RI di Dubai, Uni Emirat Arab. Burj Khalifa, yang dikenal sebagai gedung tertinggi di dunia, diselimuti warna merah-putih, yang merupakan warna bendera Indonesia. Bangga!

Momen merah putih yang menyala-nyala di Burj Khalifa itu terekam dalam video yang diunggah oleh akun Instagram resmi KBRI Abu Dhabi. Meski durasinya kurang dari satu menit, momen ini tetap disambut antusias oleh WNI di Dubai.


Atraksi tersebut merupakan bentuk solidaritas dan dukungan perayaan HUT kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, di Dubai, Sabtu malam (17/8/2019). Lampu di fasad Burj Khalifa berubah jadi merah dan putih.

"Atraksi light show di gedung tertinggi di dunia itu menarik atensi banyak orang, khususnya masyarakat Indonesia yang tinggal di UEA," tulis KBRI Abu Dhabi dalam akun @kbriabudhabi.

Dijelaskan pula dalam akun tersebut, sejumlah orang tampak sangat antusias terhadap pertunjukan unik ini. Beberapa di antara mereka ada pula mengenakan baju merah dan putih, bahkan batik, yang merupakan simbol khas Indonesia.

KBRI Abu Dhabi juga menjelaskan bahwa acara ini dihadiri oleh Konsul Jenderal RI Dubai Ridwan Hasan serta sejumlah staf KBRI Abu Dhabi dan KJRI Dubai. Meski berlangsung singkat, atraksi ini tetap mampu memukau hadirin yang menyaksikannya secara langsung.


Tak hanya itu, atraksi dwiwarna bendera Indonesia yang menyala-nyala di gedung Burj Khalifa juga disorot oleh media lokal setempat seperti, The Khaleej Times. Dalam berita The Khaleej Times, disebutkan bahwa Indonesia merupakan negara muslim terpadat yang sedang memproklamasikan hari kemerdekaannya.

"Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dan negara muslim terpadat. Ia memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, setelah dijajah oleh Belanda selama 350 tahun dan kemudian oleh Jepang selama tiga setengah tahun," tulis The Khaleej Times dalam berita berjudul 'Indonesians celebrate 74th Independence Day in Dubai'.


Selain itu, Ridwan Hassan mengungkapkan suka citanya kepada media tersebut. Dia mengucapkan selamat kepada seluruh orang Indonesia yang sedang merayakan HUT RI ke-74.

"Perayaan hari ini menandai tahun ke-74 proklamasi hari kemerdekaan sejak 1945. Atas nama pemerintah Indonesia, saya ingin mengucapkan selamat kepada semua orang Indonesia atas semangat dan optimisme mereka di tengah perkembangan dinamis dan progresif negara tercinta kita," kata Ridwan Hassan, sebagaimana dikutip oleh The Khaleej Times, Sabtu (17/8).


Tonton juga 'Merah Putih Sepanjang 400 Meter Terbentang di Bukit Tokka':


[Gambas:Video 20detik]


(rdp/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com