detikNews
Sabtu 17 Agustus 2019, 20:35 WIB

HUT RI ke-74, Generasi Sekarang yang Bikin Bangga Indonesia

Nurcholis Maarif - detikNews
HUT RI ke-74, Generasi Sekarang yang Bikin Bangga Indonesia Foto: Instagram Kevin_Sanjaya
Jakarta - Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74, masyarakat Indonesia biasanya selalu mengingat-ingat kembali kisah perjuangan para pendiri bangsa. Namun, seharusnya masyarakat juga tak lupa untuk mendukung generasi saat ini meneruskan perjuangan mereka.

Banyak anak bangsa yang berprestasi di bidangnya masing-masing dan membuat nama Indonesia semakin harum di kancah internasional. Mulai dari bidang olahraga, budaya, pendidikan, lingkungan, dan lainnya. Selain harus bangga, tentu masyarakat juga harus terus mendukung perjuangan mereka.

Bagi masyarakat Indonesia, pasti sudah tahu atlet bulutangkis Kevin Sanjaya Sukamuljo. Track record-nya sudah diperhitungkan baik dalam bulutangkis nasional maupun internasional. Prestasinya turut menjaga nama baik dan semakin membuat harum nama Indonesia di olahraga bulutangkis.

Kevin bersama Marcus Fernaldi Gideon baru saja memenangkan beberapa pertandingan bulutangkis tingkat dunia, salah satunya Japan Open 2019. Namun, perjalanan prestasi Kevin tentunya tidak instan. Ia memulai pelatihannya saat masuk klub PB Djarum hingga bisa sesukses saat ini.

HUT RI ke-74, Generasi Sekarang yang Bikin Bangga IndonesiaFitri Noor Aisyah dan Farah Aurellia Majid /Foto: Dok Pribadi

Selain Kevin dan Marcus, Fitri Noor Aisyah dan Farah Aurellia Majid yang merupakan dua siswi SMK NU Banat dari Kudus, berhasil memperkenalkan pakaian lokal ke pusat fashion dunia. Busana buatan mereka dengan bahan utama tenun Troso Jepara dan mengusung gaya berbusana 'modest wear' (sopan dan tertutup) tersebut eksis di acara Indonesian Fashion Chamber yang digelar di Paris. Selain batik, kini Indonesia juga tentunya punya pakaian khas lagi yang bisa diperhitungkan fashion dunia.

HUT RI ke-74, Generasi Sekarang yang Bikin Bangga IndonesiaPeserta yang lolos seleksi 'Indonesia Menuju Broadway' Foto: detikcom

Di bidang Budaya, baru-baru ini sekelompok seniman muda baru saja diberangkatkan ke New York, Amerika Serikat untuk pelatihan Indonesia Menuju Broadway oleh StudentsLive - Passport to Broadway selama lima hari yang merupakan bentuk teater profesional yang dikenal oleh publik Amerika Serikat.

Mereka yang terpilih merupakan peserta yang telah lolos seleksi 'Indonesia Menuju Broadway' dari 672 pendaftar dan 70 peserta workshop di Jakarta. Hal ini membuktikan meningkatkannya seni pertunjukan Indonesia dapat mencapai standar Internasional.

HUT RI ke-74, Generasi Sekarang yang Bikin Bangga IndonesiaFoto: dok djarum foundation

Generasi sekarang juga sudah makin peduli dan sadar akan pentingnya menjaga lingkungan demi keberlangsungan hidup yang lebih baik di masa depan. Seperti memerangi perubahan iklim yang ditandai dengan kenaikan suhu global, cuaca ekstrim, serta pesisir pantai yang makin rentan.

Untuk mengatasi hal tersebut, telah dilakukan berbagai upaya penanaman pohon di berbagai wilayah di Indonesia. Mulai dari penanaman pohon Trembesi di sepanjang 2.307 km jalur Jawa-Madura yang berpotensi menyerap 2,9 Juta Ton CO2 per tahun, revitalisasi 800.000 bibit mangrove di pesisir pantai utara Jawa Tengah, serta gerakan aksi sadar lingkungan mahasiswa yang melakukan penghijauan lebih dari 200 cagar budaya Candi.
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com