detikNews
Sabtu 17 Agustus 2019, 19:10 WIB

74 Kapal Ikan Jadi 'Peserta' Upacara HUT RI di Perairan Muara Baru Jakut

Audrey Santoso - detikNews
74 Kapal Ikan Jadi Peserta Upacara HUT RI di Perairan Muara Baru Jakut Foto: HUT RI di Muara Baru, Jakarta Utara (Dok. Istimewa)
Jakarta - Polri mengadakan upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-74 di perairan Muara Baru, Jakarta Utara. Uniknya, peserta upacara adalah 74 kapal ikan besar.

"Kebersamaan dalam upacara bendera di laut, diikuti 74 kapal nelayan dan gabungan kapal unsur maritim. Mendapat rekor dunia MURI," kata Direktur Polisi Air Korps Polairud Baharkam Polri, Brigjen Latif, dalam keterangan persnya, Sabtu (17/8/2019).


Piagam penghargaan MURI diberikan kepada Direktorat Polisi Air Korps Polisi Air Udara (Ditpolair Korpolairud) Baharkam Polri atas 'Rekor Upacara HUT di Laut, Peserta Kapal Ikan Lebih dari 30 Gross Ton Terbanyak'.

74 Kapal Ikan Jadi 'Peserta' Upacara HUT RI di Perairan Muara Baru JakutFoto: HUT RI di Muara Baru, Jakarta Utara (Dok. Istimewa)

Latif menuturkan pengibaran bendera merah putih dilakukan di Kapal Polisi (KP) Kolibri milik pihaknya. Selain nelayan, perwakilan TNI AL, Bakamla, Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PDSKP) dan Kesyahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sunda Kelapa dan Tanjung Priuk yang telah bersama-sama mewujudkan kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud rasa syukur atas kemerdekaan RI dan mensyukuri Indonesia sebagai negara besar dengan lautan yang luas," ujar Latif.


Selaku inspektur upacara, Latif berpesan pada para peserta upacara untuk melestarikan ekosistem bawah laut dan mengelola dengan baik sumber daya di dalamnya untuk memajukan ekonomi bangsa.

"Menjaga laut dan mengelola dengan baik sumber daya untuk ekonomi bangsa. Terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dan sesuai dalam jiwa Pancasila dan UUD 45. Serta menghormati kebhinnekaan yang ada," imbau Latif.


Simak Video "Eksklusif! Melihat Naskah Asli Proklamasi Indonesia"

[Gambas:Video 20detik]


(aud/gbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com