Warga Berendam di Sungai Deli untuk Upacara HUT RI

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
Sabtu, 17 Agu 2019 12:22 WIB
Upacara HUT RI di Sungai Deli, Medan, Sumut/Foto: Dok. Istimewa
Medan - Warga bantaran Sungai Deli, Medan, Sumatera Utara (Sumut), memperingati HUT ke-74 RI dengan cara unik. Mereka menggelar upacara di dalam sungai.

Upacara itu berlangsung dengan khidmat, Sabtu (17/8/2019). Puluhan peserta upacara yang umumnya warga sekitar, membuat barisan di dalam sungai. Mereka memberi hormat saat proses penaikan Bendera Merah Putih.

"Upacara ini juga dimaksudkan sebagai harapan masyarakat kepada pemerintah untuk bisa mendukung masyarakat dalam menjaga kelestarian sungai," kata komandan upacara, Ivan.




Usai upacara, warga melaksanakan berbagai kegiatan, mulai dari fashion show hingga panjat pinang. Semuanya berlangsung di sekitar sungai yang berada di Kelurahan Kampung Aur, Kecamatan Medan Maimun.

Pelaksanaan upacara di dalam sungai ini rutin dilaksanakan warga dalam sepuluh tahun terakhir. Inisiatif pelaksanaan upacaca ini datang dari beberapa lembaga, antara lain Sanggar Perkasa Aur, Komunitas Sungai Deli, Laskar Bocah Sungai Deli (Labosude), dan Komunitas Peduli Anak Aur. (rul/fdn)