detikNews
Sabtu 17 Agustus 2019, 12:05 WIB

Cerita Cipto 3 Hari Gowes Ontel dari Brebes demi Upacara di Istana

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Cerita Cipto 3 Hari Gowes Ontel dari Brebes demi Upacara di Istana Cipto Rahardjo gowes 3 hari dari Brebes ke Jakarta untuk bisa upacara di Istana. (Jefrie Nandy/detikcom)
Jakarta - Cipto Raharjo (51) ingin sekali bisa mengikuti upacara HUT ke-74 RI bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Semangatnya bergelora. Dia memutuskan pergi ke Jakarta dengan menggowes sepeda ontelnya dari Brebes, Jawa Tengah.

"Maksudnya kita ingin menikmati kemerdekaan kita di Istana itu bener-bener tercapai gitu loh. Dari jauh-jauh memang kita kepengen. Dari jauh udah semangat, kayak apa sih di Istana. Begitu," kata Cipto di depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2019).

Cipto mengaku memang ingin merasakan suasana peringatan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia di lingkungan Istana Negara. Hari ini dia bersama warga lainnya berkumpul di depan Istana untuk melihat lebih dekat upacara yang digelar.

Suasana di depan Istana saat upacara HUT ke-74 RI berlangsungSuasana di depan Istana saat upacara HUT ke-74 RI berlangsung. (Jefrie Nandy/detikcom)
Meski tidak bisa ikut upacara di dalam Istana Negara, Cipto mengaku sudah puas. Dia sudah cukup senang bisa ikut merayakan upacara yang ditampilkan lewat sebuah layar lebar yang dipasang di depan Istana.

"Ya nggak apa-apalah. Katanya kan dapat undangan kalau mau ke sana (dalam Istana), kita nggak dapat (undangan), nggak apa-apa. Di luar pun nggak apa-apa. Yang penting kita udah puas," katanya.

Cipto tampak memegang sepeda ontelnya. Di sepedanya tampak terpasang bendera Merah Putih, foto presiden ke-1 RI Sukarno, serta tulisan keinginannya untuk bisa mengikuti upacara bersama Jokowi.
Suasana di depan Istana saat upacara HUT ke-74 RI berlangsungSuasana di depan Istana saat upacara HUT ke-74 RI berlangsung. (Jefrie Nandy/detikcom)
Cipto berangkat dari Kabupaten Brebes sejak Minggu (11/8). Pada Rabu (14/8), dia sudah tiba di Jakarta. Dia mengatakan pejalanannya menuju Jakarta tidak mengalami masalah berarti.

"Pokoknya 3 harilah. Hari Rabu (sampai Jakarta). Alhamdulillah lancar," ucapnya.

Warga Kabupaten Brebes itu juga menyampaikan Hari Kemerdekaan ini harus dimaknai dengan berbagai evaluasi. Dia ingin Indonesia bisa lebih sejahtera, khususnya dalam hal politik dan ekonomi.

"Jadi yang merdeka itu sebetulnya mempertahankan negara sudah merdeka tapi politik belum. Belum sempurna (kemerdekaannya). Karena kita kemerdekaan kan adanya di Undang-Undang '45."

Saat ini masih banyak masyarakat yang memadati area di depan Istana Merdeka. Mereka terlihat berfoto dan bersenda gurau dengan keluarga dan masyarakat lainnya.
(jbr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com