Warga Kamboja Akan Ikut Upacara HUT ke-74 RI di KBRI Phnom Penh

Mochamad Zhacky - detikNews
Sabtu, 17 Agu 2019 02:46 WIB
Gladi bersih upacara peringatan HUT ke-74 RI di KBRI Phnom Penh. (Foto: Dok. KBRI Phnom Penh)
Jakarta - Sejumlah perwakilan warga Kamboja akan mengikuti upacara peringatan HUT ke-74 RI di Phnom Penh. Ada dari perwakilan guru dan murid, bahkan tentara Kamboja juga akan mengikuti upacara.

Upacara peringatan HUT ke-74 Ri akan digelar di KBRI Phnom Penh pukul 09.00 waktu setempat. Warga negara Indonesia (WNI) yang menetap di Kamboja juga turut hadir.

"Masyarakat Kamboja antara lain akan terdiri dari 18 perwakilan guru dan murid Sekolah Persahabatan Indonesia-Kamboja di Propinsi Prey Veng, 46 guru dan siswa Cambodia-ASEAN International Institute, hingga tentara Kamboja yang terdiri dari Pasukan Pengamanan Perdana Menteri dan Pasukan Khusus 911," tulis KBRI Phnom Penh dalam keterangan tertulis, Jumat (16/8/2019).

"Sepuluh mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang saat ini sedang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata di Kamboja selama sebulan juga akan turut hadir," imbuhnya.


Gladi bersih upacara peringatan HUT ke-74 RI di KBRI Phnom Penh.Paskibra peringatan HUT ke-74 RI di KBRI Phnom Penh. (Foto: Dok. KBRI Phnom Penh)


Dalam upacara nanti, dua remaja Indonesia yakni Jeremiah Azriel Silvano (18) dan Sean Eliezer Silvano (16) menjadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Keduanya merupakan putra dari pasangan Sujatno Djumedi dan Silviana Tju.

"Mereka adalah kakak beradik yang merupakan putra dari pasangan Sujatno Djumedi asal Indramayu dan Silviana Tju asal Bangka, yang telah tinggal selama sekitar 16 tahun di Kamboja," ujar KBRI.

Selain upacara, KBRI Phnom Penh juga menggelar kegiatan bertajuk 'Festival Indonesia'. Selain perlombaan, dalam kegiatan tersebut juga akan menampilkan tarian-tarian asli Indonesia.




HUT ke-74 RI ini juga dimanfaatkan oleh para alumni Indonesia yang kuliah di Kamboja. Mereka akan meresmikan pembentukan kumpulan alumni bernama Indonesia-Cambodia Alumni Network (I-CAN).

"Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mengucapkan Selamat Ulang Tahun Indonesia serta mendorong sekitar 4.000 warga Indonesia yang tinggal di kota dan provinsi di Kamboja, sebagai pelajar, pengusaha, profesional, guru, dan orang tua, untuk terus bekerja keras dan melakukan yang terbaik untuk memperkuat kapasitas, keterampilan, dan kemampuan dalam pengembangan diri guna menyongsong masa depan yang cerah untuk Bangsa dan keluarga," kata Dubes RI untuk Kerajaan Kamboja, Sudirman Haseng.

"Tidak lupa untuk tetap menjunjung tinggi hubungan baik, persahabatan dan kerja sama dengan saudara kita, Rakyat Kerajaan Kamboja dan memberikan vibrasi positif kepada negara tempat kita semua tinggal saat ini," imbuhnya. (zak/abw)