detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 14:13 WIB

Soal Wacana Bogor Raya, Walkot Rahmat Effendi: Bekasi Identik ke DKI

Isal Mawardi - detikNews
Soal Wacana Bogor Raya, Walkot Rahmat Effendi: Bekasi Identik ke DKI Foto: Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi (Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi - Wali Kota Bogor Bima Arya mengusulkan pembentukan provinsi baru, yakni Provinsi Bogor Raya. Dari sejumlah daerah, Kota Bekasi masuk dalam radar sebagai salah satu kota administratif Provinsi Bogor Raya.

Menanggapi wacana tersebut, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi pada dasarnya setuju saja demi percepatan pembangunan. Namun menurutnya, Kota Bekasi lebih identik dengan DKI Jakarta ketimbang Bogor.

"Kan pak Wali Kota Bogor, gagas Bogor Raya, terus kan pasti wilayahnya adalah (kota) Bogor, (kabupaten) Bogor, Depok, (kota) Bekasi, (kabupaten) Bekasi, Karawang, atau Cianjur. Pada intinya kalau untuk mempercepat proses kesejahteraan, ya pembangunan, sah-sah saja. cuma mungkin Bekasi itu lebih identik dengan Jakarta," kata Rahmat Effendi kepada wartawan di Gedung DRPD Kota Bekasi, Jala Chairil Anwar, Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jumat (16/8/2019).

Pria yang akrab disapa Pepen ini menyebutkan ada banyak kesamaan Bekasi dengan Jakarta. Salah satunya budayanya yang memiliki kemiripan.



"Kota Bekasi karena secara kultur , secara budaya dan mungkin kalo percepatan pembangunan DKI 'kan besar. Hanya pada persoalan politiknya, persoalan DPRD-nya ya dan persoalan kepala daerahnya, pasti kan mengubah undang-undang tentang pembentukan Kota Bekasi," tuturnya.

Selama ini Pemprov DKI juga banyak bermitra dengan Kota Bekasi. Banyak kerja sama dalam pembangunan infrastruktur antara Kota Bekasi dan DKI Jakarta, tidak hanya menjadikan Kota Bekasi sebagai penyangga, tetapi sudah menjadi mitra DKI.

"DKI 'kan menyumbang kita karena kemitraan. Ya karena kita ada kerjasamanya ditunaikan, terus ada DKI itu, paradigma yang diubah dari dibilang daerah penyangga, kita tahun 2013 itu berubah menjadi bermitra. Sehingga apa yang dibangun infrastruktur di DKI, kesepakatan pada saat presiden menjadi gubernur pada saat itu, bermitra ya diberikan infrastruktur, diberikan penataan lingkungan dan saluran juga diberikan, terus penataan lingkungan diberikan," tuturnya.

Dalam penentuan wilayah hukum kepolisian dan TNI, Kota Bekasi 'diakui' sebagai bagian dari cakupan DKI Jakarta.

"Kalau kulturnya, budayanya bahasanya betawi, sukunya betawi, Polres-nya ke Polda Metro Jaya, Kodimnya ke Jayakarta, hanya administratifnya saja (Jawa Barat)," tuturnya.




Tonton Blak-blakan Bima Arya: Andil Jokowi Menata Bogor:

[Gambas:Video 20detik]


(mei/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed