Musim Kemarau, Bendung Katulampa Kering

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Jumat, 16 Agu 2019 12:36 WIB
Musim kemarau, Bendung Katulampa kekeringan (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Bogor - Bendung Katulampa, yang berada di Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, kekeringan. Kekeringan terjadi sejak pertengahan Juni 2019 kemarin.

Petugas Bendung Katulampa Muhamad Alwan mengatakan tinggi muka air (TMA) Sungai Ciliwung 0 centimeter (cm). Hujan yang turun di Bogor kemarin (Kamis, 15/8/2019), tidak berpengaruh apa-apa ke TMA Sungai Ciliwung.

"Dari pertengahan Juni sampai sekarang 0 cm. Kami melakukan penggelontoran dengan debit 100 liter per detik agar ekosistem di sungai tidak terganggu," kata Alwan di Bendung Katulampa, Bogor Timur, Kota Bogor, Jumat (16/8/2019).


Alwan menjelaskan, penggelontoran dilakukan agar ekosistem di Sungai Ciliwung dan stok air PDAM Cibinong tidak terganggu. Dia mengatakan bila dibiarkan, debit air dikhawatirkan yang dialirkan ke Kalibaru Timur atau untuk irigasi bisa ikut terdampak.

Kekeringan terjadi sejak JuniKekeringan terjadi sejak Juni (Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom)

Alwan mengatakan, TMA Bendung Katulampa yang mengarah ke Kalibaru Timur berada di ketinggian 24 cm dengan debit 1.600 liter per detik. Selain untuk irigasi, air yang diarahkan ke Kalibaru Timur juga berfungsi sebagai air bersih masyarakat, air domestik pabrik, dan air penggelontoran untuk Istana Bogor.


"Normalnya itu, TMA Sungai Ciliwung berada di ketinggian 10-40 cm. Kalau TMA Kalibaru Timur, normalnya 30-40 cm," terang dia.

Alwan pun mengungkapkan, selain untuk irigasi, Bendung Katulampa juga berfungsi sebagai warning system di musim penghujan.

"Kalau di musim penghujan, sebagai warning sistem. Artinya pemberitahuan. Misalnya saat Bendung Katulampa Siaga 2, kami langsung memberitahu teman-teman di Depok atau Jakarta bahwa di sini sudah siaga. Jadi mereka sudah mempersiapkan diri. Air dari sini untuk sampai ke Jakarta beda-beda waktunya. Kalau Siaga 1, bisa 8-10 jam, Siaga 2 kemungkinan 10-12 jam," jelasnya.



Tonton video Musim Kemarau, Warga Desa Nyogan Jambi Krisis Air Bersih:

[Gambas:Video 20detik]

(jbr/jbr)