Kondisi Aiptu Erwin yang Terbakar saat Kawal Demo Sadar, Bisa Bicara

Rolando F Sihombing - detikNews
Kamis, 15 Agu 2019 21:01 WIB
Foto: IGD RS Polri Kramat Jati. (Rolando/detikcom)
Foto: IGD RS Polri Kramat Jati. (Rolando/detikcom)
Jakarta - Kepala RS Polri Kramat Jati, Brigjen Musyafak mengatakan kondisi Aiptu Erwin Yudha yang terbakar saat mengawal demo saat ini sadar. Aiptu Erwin juga kooperatif berkomunikasi.

"Sadar, ya sadar. Jadi kooperatif bisa bicara, ditanya juga bisa menjawab," kata Musyafak di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (15/8/2019).


Aiptu Erwin mengalami luka bakar 64 persen. RS Polri belum bisa memastikan berapa lama Aiptu Erwin akan dirawat.

"Kami belum bisa menyampaikan karena baru ditangani, kita belum tahu persis sampai dimana trauma inhalasi (pernapasan) yang terjadi," ujarnya.

Musyafak mengatakan pihak keluarga seperti adik Erwin sudah ada di RS Polri. Tim kesehatan dari Rumah Sakit Bhayangkara Cianjur juga ikut menunggunya di RS Polri.

"Jadi pimpinan Polda, Polri, care, makanya ditungguin, diantar, dan kita pun antisipasi, kalau di sini tidak bisa menangani, kita sudah kerja sama dengan Rumah Sakit Pertamina, RSCM, bisa jadi kita evakuasi ke sana. Ini baru penanganan darurat pertama," ujarnya.


Musyafak menyebut Aiptu Erwin menderita luka bakar itu hampir di semua tubuh, dari tangan hingga kaki.

"Hampir semuanya (badan), jadi muka, kemudian kedua tangan, kedua kaki dari ujung kaki sampai paha, dan sebagian dada. Jadi dinilai ada 64%," ujarnya. (idh/jbr)