Jokowi Kukuhkan Paskibraka HUT Ke-74 RI di Istana

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 15 Agu 2019 16:45 WIB
Presiden Jokowi mengukuhkan 68 anggota Paskibraka untuk upacara pengibaran bendera HUT ke-74 RI di Istana. (Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta - Sebanyak 68 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dikukuhkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka akan bertugas pada upacara pengibaran bendera HUT ke-74 RI di Istana.

Prosesi pengukuhan diawali dengan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' dan dilanjutkan dengan pengucapan ikrar pemuda Indonesia.




Salah seorang anggota Paskibraka, I Dewa Agung Ayu Alamanda Diastara, dipercaya mewakili anggota lain mengucapkan ikrar. Ia meletakkan ujung bendera Merah Putih di dada kiri selama pengucapan ikrar.

Prosesi pengukuhan kemudian dipimpin Jokowi selaku pembina upacara.


Jokowi Kukuhkan Paskibraka HUT ke-74 RI di IstanaPaskibraka I Dewa Agung Ayu Alamanda Diastara dipercaya mewakili anggota lain mengucapkan ikrar. (Andhika Prasetya/detikcom)


"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini, saya mengukuhkan Saudara-saudari sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2018. Semoga Tuhan Yang Mahakuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara ini," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Setelah itu, Jokowi menghampiri serta menyalami para anggota Paskibraka. Acara ditutup dengan sesi foto bersama.



Jokowi Sematkan Tanda Kehormatan RI ke Sejumlah Tokoh:

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/zak)