Trotoar Dekat MRT Lebak Bulus Bau Pesing, PPSU: Sopir Kencing Sembarangan

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Kamis, 15 Agu 2019 15:30 WIB
Petugas PPSU dan Damkar membersihkan bau pesing di trotoar dekat MRT Lebak Bulus. (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Bau pesing yang tercium di trotoar menuju Stasiun MRT Lebak Bulus dikeluhkan masyarakat. Pekerja Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) menyebut bau pesing itu disebabkan sopir angkot yang kerap kencing sembarangan di lokasi.

"Sopir angkot. Kebanyakan kan sopir angkot yang di sini. Memang angkot ini terlalu banyak di sini, jadi dia kencing sembarangan aja," kata salah satu petugas PPSU, Romli, di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (15/8/2019).



Romli mengatakan bukan pertama kalinya trotoar tersebut berbau pesing. Sejak tiga bulan lalu, bau pesing sudah kerap tercium di kawasan itu.

"Dua bulan, tiga bulan yang lalu juga udah nyium (bau pesing). Cuma baunya nggak nyengat kayak yang minggu-minggu ini sehingga warga ngadu, sehingga atasan menurunkan pembersihan seperti ini," tuturnya.

Romli pun mengaku kerap menyaksikan aksi kencing sembarangan itu. Meski sudah sering menegur, dia mengatakan para pelaku kencing sembarangan tetap membandel.

"Di sini di pinggir-pinggir trotoar. Dia pas lagi nggak ada orang, dia kencing. Karena kita 24 jam nyapu, sering ketemu sama kita. Kita tegur. Karena kita nggak punya wewenang untuk menghukum," ujar Romli.

Romli mengatakan para sopir angkot itu pun tak malu-malu kencing sembarangan di pinggir trotoar pada siang hari.

"Justru siang. Kadang-kadang malam. Kalau malam jarang nemuin dia, seringnya siang," katanya.

Hal senada disampaikan Kasatpel Dinas Perhubungan Kecamatan Cilandak Eko Budi Prabowo. Eko mengatakan memang sopir angkotlah yang kerap kencing sembarangan di trotoar tersebut.

"Iya. Jadi ini kejadiannya lebih ke malam hari. Kalau siang itu sepertinya nggak ada," kata Eko.



Eko pun mengaku telah memberikan imbauan dan pembinaan kepada para sopir yang kerap mangkal di kawasan tersebut. Dia meminta mereka tidak kencing sembarangan.

"Sementara ini yang kita lakukan itu memberikan imbauan, arahan kepada pengemudi. Koordinator pengemudi juga kemarin malam kita pernah sudah kita kumpulkan supaya diberi tahu kepada rekan-rekannya, baik pedagang juga agar untuk tidak buang air kecil di sekitar lokasi ini," tuturnya. (mae/hri)