HUT RI Ke-74, Kapolda Papua Pimpin Upacara Bendera di Bawah Laut

Wilpret Siagian - detikNews
Kamis, 15 Agu 2019 14:07 WIB
Pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut dalam rangka menyambut HUT ke-74 RI. (Foto: Dok. Polda Papua)
Jayapura - Kapolda Papua Irjen Rudolf A Rodja memimpin upacara pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut. Upacara itu dilakukan di perairan Tanjung Kayu Batu, Teluk Yos Sudarso, Jayapura.

Pengibaran bendera Merah Putih tersebut dilaksanakan oleh Polair Polda Papua yang diikuti jajarannya. Hadir juga Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring dan warga setempat.

HUT RI ke-74, Kapolda Papua Pimpin Upacara Bendera di Bawah Laut Pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut, yang dipimpin oleh Kapolda Papua. (Foto: Dok. Polda Papua)

Para peserta berangkat dari pelabuhan Polair Polda Papua menggunakan Kapal milik Polair yang sudah dilengkapi peralatan menyelam, kemudian satu per satu peserta menyelam di bawah laut. Tepat pukul 07.00 WIT, Kamis (15/8/2019), upacara pengibaran bendera dimulai dipimpin Kapolda Papua didampingi Pangdam Cenderawasih.


Para peserta berbaris menghadap tiang bendera yang sudah dipersiapkan sedalam 10 meter dari permukaan laut. Setelah terlebih dulu melakukan penghormatan, kemudian bendera dikibarkan di dalam laut.

"Ini merupakan kegiatan menjelang peringatan HUT kemerdekaan RI ke-74. Tahun ini kita melaksanakan secara berbeda dengan mengambil tempat di bawah laut," ujar Irjen Rudolf A Rodja kepada wartawan seusai kegiatan.


Menurut Kapolda, kegiatan pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut untuk menumbuhkan kesadaran para anggota dan masyarakat bahwa kelestarian laut harus dijaga.

"Kita harus terus menjaga kelestarian laut dan isinya, dengan menjaga kebersihan dan keindahannya, tidak merusak terumbu karang," ungkapnya. (rvk/asp)