detikNews
Kamis 15 Agustus 2019, 10:27 WIB

Laporan Dari Mekah

Pak Haji, Bu Haji... Jangan Bawa Air Zamzam Berlebihan

Ardhi Suryadhi - detikNews
Pak Haji, Bu Haji... Jangan Bawa Air Zamzam Berlebihan Foto: Istimewa
FOKUS BERITA: Kabar Haji 2019
Mekah - Jemaah haji Indonesia tak lama lagi bakal mulai dipulangkan ke Tanah Air. Dari tahun ke tahun, fase pemulangan ini memiliki cerita tersendiri, terutama soal barang bawaan.

Salah satu yang kerap dipermasalahkan adalah soal banyaknya air zamzam yang dibawa untuk kemudian nanti dibagi-bagikan ke sanak saudara.


Memang, air zamzam begitu berlimpah selama di Tanah Suci, baik di Masjidil Haram (Mekah) ataupun Masjid Nabawi (Madinah).

Deretan tempat minum air zamzam dapat dengan mudah ditemui di berbagai sudut kedua masjid suci tersebut, ada yang hangat dan dingin. Jemaah tinggal pilih mana yang ingin mereka minum.

Tak sedikit pula ketika datang ke Masijdil Haram atau Nabawi untuk beribadah, para jemaah membawa botol kosong untuk kemudian diisi dengan air zamzam sebagai bekal di jalan atau di hotel.


Pokoknya bebas dan gratis, yang penting mau antre. Pasalnya, di musim haji 2019 ini ada sekitar 2,5 juta jemaah haji dari berbagai penjuru dunia yang menginjakkan kaki di Tanah Suci.

Kembali ke soal barang bawaan, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin pun sampai harus kembali mengingatkan para jemaah.

"Saya berharap kepada seluruh jemaah untuk jangan berlebihan membawa barang-barang yang tidak penting," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin dalam keterangannya.

Salah satu yang disebut adalah air zamzam. Jemaah diimbau tak memasukkannya ke dalam koper atau tas bawaan lain.

Koper atau tas tersebut pasti akan diperiksa petugas dan tidak diperkenankan masuk ke pesawat.

Setiap jemaah pun sejatinya sudah diberikan jatah air zamzam sebanyak 5 liter, yang bisa mereka bawa pulang ke Tanah Air.

Jemaah haji RI akan mulai kembali ke Tanah Air secara bergelombang mulai 17 Agustus 2019. Kelompok terbang (kloter) 4 embarkasi Cengkareng dijadwalkan akan jadi jemaah gelombang pertama yang akan dipulangkan dari bandara King Abdulaziz, Jeddah.
(ash/aan)
FOKUS BERITA: Kabar Haji 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed