detikNews
Kamis 15 Agustus 2019, 10:05 WIB

Polres Pelalawan Buat Sayembara Tangkap Pelaku Karhutla Dapat Rp 5 Juta

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Polres Pelalawan Buat Sayembara Tangkap Pelaku Karhutla Dapat Rp 5 Juta Ilustrasi karhutla di Riau (Foto: FB Anggoro/Antara Foto)
Pekanbaru - Polres Pelalawan di Riau membuat sayembara kepada yang bisa menangkap pelaku kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Bagi mereka yang bisa menangkap pelaku karhutla akan dihadiahi uang jutaan rupiah.

"Iya benar, Kapolres (AKBP Kaswandi) akan memberikan reward bagi warga yang bisa menangkap tangan pelaku karhutla," kata Kasat Reskrim Polres Pelalawan, AKP Teddy Ardian kepada detikcom, Kamis (15/8/2019).




Teddy menjelaskan, warga harus menangkap pelaku yang sedang melancarkan aksinya membakar hutan dan lahan. Polisi berharap sayembara ini bisa meningkatkan partisipasi warga dalam mencegah karhutla.

"Tapi harus tangkap tangan ya, agar kita mudah memproses hukumnya. Jangan sampai juga ada fitnah soal ini. Artinya, ya memang harus benar-benar bisa dibuktikan secara hukum, " ucap Teddy.

Untuk hadiahnya, sebut Teddy, sesuai dengan jumlah pelaku yang ditangkap. Jika bisa menangkap 2 pelaku, maka akan mendapat hadiah Rp 10 juta.




"Kita berikan rewardnya sesuai yang jumlah yang ditangkap. Misalkan bisa menangkap lebih dari satu pelaku, ya nanti tinggal jumlahkan saja," ujar Teddy.

Teddy memastikan Polres Pelalawan juga masih melakukan pemadaman karhutla. Polres Pelalawan bahkan menerapkan sistem aplusan untuk personelnya.

"Kalau lokasinya jauh dari permukiman, tim kita menginap di lokasi. Setelah dua atau tiga hari nanti aplusan dengan tim lainnya. Jadi kita terus menerus bersama tim Satgas Karhutla bersama-sama melakukan pemadaman dan mengedukasi masyarakat agar jangan membuka lahan dengan cara membakar," jelasnya.
(cha/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed