Pramuka! Inilah Isi Dasa Darma dan Himne-nya

Rizky Wika Shintya Devi - detikNews
Rabu, 14 Agu 2019 16:47 WIB
Presiden Jokowi pada hari Pramuka (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Hari ini (14/8/2019) jadi hari peringatan Hari Praja Muda Karana (Pramuka). Organisasi yang berlambang tunas kelapa ini merayakan hari jadinya yang ke-58. Sudah tahu isi dasa darma dan himne Pramuka?

Peresmian Pramuka dilakukan pada 14 Agustus 1961, bersamaan dengan perkenalan Pramuka kepada masyarakat Indonesia sebagai organisasi gabungan dari beberapa organisasi pemuda di Indonesia, yang saat itu diikuti sekitar 10 ribu anggota Pramuka.

Setiap anggota Pramuka pastinya mengetahui tentang Dasa Darma Pramuka dan himne Pramuka yang sering diserukan pada HUT Pramuka 2019 dan acara kegiatan Pramuka.

Yuk, simak pengertian Dasa Darma dan himne Pramuka.

Dasa Darma

Dasa Darma terdiri dari dua kata berupa kata 'dasa' dalam bahasa Jawa artinya 'sepuluh' dan kata 'darma' dalam bahasa Sansakerta artinya 'perbuatan terpuji atau mulia'.

Dasa Darma Pramuka artinya sepuluh kebajikan yang menjadi pedoman bagi Pramuka dalam bertingkah laku sehari-hari. Kenyataannya banyak tokoh penting di Indonesia, seperti Ganjar Pranowo, yang mendukung untuk mengamalkan Dasa Darma ini pada generasi muda loh detikers, gunanya untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air Indonesia terhadap diri sendiri.

Sejak 1961, Dasa Darma telah mengalami perubahan hingga sekarang. Rumusan Dasa Darma sudah diamandemen hingga empat kali dan terakhir dirumuskan pada 1978.


Berikut ini bunyi-bunyi Dasa Darma Pramuka 1-10 :

Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
Patriot yang sopan dan ksatria
Patuh dan suka bermusyawarah
Rela menolong dan tabah
Rajin, terampil dan gembira
Hemat, cermat dan bersahaja
Disiplin, berani dan setia
Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Selamat Hari Pramuka 2019.Selamat Hari Pramuka 2019. Foto: Titania Dewanti


Itulah bunyi dari pengamalan dasa darma yang masih berlaku hingga sekarang. Tiap anggota Pramuka sendiri memiliki cara khusus untuk menghafalkan dasa darma dengan menggunakan jembatan keledai. Jembatan keledai adalah akronim dari awal kata pada tiap dasa darma; takwa, cinta, patriot, patuh, rela, rajin, hemat, disiplin, bertanggung jawab, suci (ta, ci, pa, pa, re, ra, he, di, be, su).

Menariknya, kamu juga bisa menghafalkan penjabaran Dasa Darma Pramuka dalam bahasa Inggris:
Believe in God almighty
Preserve nature and love each other
Be an affable and knightly patriot
Be obedient and collegial
Help others with compliance and resilience
Be diligent, skilled and cheerful
Be provident and simple
Exercise discipline, be brave and faithful
Be accountable and trusthworthy
Have purity in mind, word and act.

Himne Pramuka

Himne Pramuka merupakan lagu yang dikumandangkan di setiap kegiatan peringatan HUT Pramuka. Sosok Husein Mutahar bertanggung jawab dalam pembuatan lagu himne ini yang diciptakan pada 1964.

Husein Mutahar sendiri merupakan seorang komponis musik Indonesia dan tokoh yang aktif dalam kegiatan Pramuka. Berikut ini syair dari Husein Mutahar yang menarik dalam Himne Pramuka:

Kami Pramuka Indonesia
Manusia Pancasila
Satya ku kudarmakan
Darma ku kubaktikan
Agar jaya Indonesia
Indonesia tanah airku
Kami jadi Pandumu...

Nah, detikers, semoga saja dengan adanya Dasa Darma dan himne Pramuka dalam tiap kegiatan Pramuka mampu untuk membentuk karakter bangsa yang unggul pada generasi penerus di masa mendatang ya.

(lus/lus)