detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 11:47 WIB

Mufidah Kalla Resmikan Gedung Dekranasda NTB

Eva Safitri - detikNews
Mufidah Kalla Resmikan Gedung Dekranasda NTB Mufidah Kalla resmikan gedung Dekranasda NTB. (Foto: Eva Safitri/detikcom)
Mataram - Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla meresmikan gedung Dekranasda Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Mufidah mengapresiasi keseriusan Dekranasda NTB dalam memulihkan kembali kantornya yang sempat rusak akibat gempa Lombok.

"Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada pengurus Dekranasda NTB yang telah membangun kantor Dekranasda untuk membangun dan membina produk kerajinan di NTB. Ini membuktikan keseriusannya Dekranasda yang menjadi tanggung jawabnya," ujar Mufidah dalam sambutannya di kantor Dekranasda NTB, Jalan Langko, Mataram, NTB, Rabu (14/8/2019).




Peresmian itu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Mufidah dan beberapa pengurus Dekranasda lain seperti Tuti Try Sutrisno, Erni Tjahjo Kumolo, Nora Ryamizard Ryacudu. Ketua Dekranasda NTB Niken Saptarini Widyawati juga ikut menandatangani prasasti.

Gedung Dekranasda NTB merupakan salah satu bangunan yang terdampak gempa Lombok pada Juli 2018 lalu. Menurut Niken, bencana gempa tersebut juga mempengaruhi eksistensi UKM di NTB.

"Kami sendiri saat ini, ketika setahun lalu, NTB terutama pulau Lombok diguncang gempa cukup mendapat banyak cobaan dan tentu saja mempengaruhi UKM. Beberapa dari tersebut sangat terdampak dari gempa terutama di Lombok Tengah dan Timur," jelasnya.

"Kantor Dekranasda sendiri memiliki beberapa bagian dari ruangan yang berdampak, sehingga kami menempati gedung yang akan diresmikan pada hari ini," imbuh Niken.




Niken menyebut proses pemulihan gedung Dekranasda NTB bukan hal yang mudah. Namun, kondisi tersebut tidak menurunkan semangat Dekranasda dalam memamerkan hasil kerajinan lokal.

"Tentu hambatan dan tantangan ini tidak membuat dekranasda NTB surut, kami tetap melalukan pameran yang tahun kemarin dilakukan satu kali di Dubai, Malaysia, dan rencana di Agustus nanti ada undangan di Berlin dan di Pearl Australia," tutur Niken.
(eva/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com