DPRD-Pemprov DKI Setujui Anggaran Formula E Rp 360 M

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 13 Agu 2019 19:49 WIB
Formula E (Foto: CNN)
Jakarta - DPRD DKI Jakarta telah menyepakati anggaran untuk perhelatan Formula E sebesar Rp 360 miliar. Diharapkan, DKI Jakarta bisa mendapatkan keuntungan dari pergelaran tersebut.

"Jadi, anggaran untuk Formula E, tadi disetujui besaran Rp 360 m (miliar). Dengan harapan, ajang balap Formula E menarik pengunjung atau wisatawan di Jakarta ini dan mendapat feedback pendapatan bagi daerah," ucap Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana kepada wartawan seusai rapat KUPA-PPAS antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah dan Badan Anggaran di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (13/8/2019).
Setelah itu, menurut Sani, panggilan akrab Triwisaksana, kesepakatan ini akan dibahas dalam Rapat Paripurna untuk disahkan masuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2019.

"KUPA-PPAS, anggaran perubahan 2019 sudah disetujui bersama, tinggal diajukan ke paripurna pembahasan raperda anggarannya. Direncanakan hari Senin besok akan dimulai," ucap Sani.

Wakil Ketua DPRD DKI Triwisaksana (Sani)Wakil Ketua DPRD DKI Triwisaksana (Sani) (Fida/detikcom)
Dia mengatakan anggaran ini awalnya diajukan oleh Dinas Pariwisata dan Budaya DKI Jakarta. "Sekarang Dinas Pemuda dan Olahraga," ucap Sani.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut ada dana yang harus dibayar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kepada penyelenggara Formula E. Anies menyebut Pemprov DKI Jakarta harus mengeluarkan USD 24,1 juta atau sekitar Rp 345 miliar untuk menjadi tuan rumah Formula E.
Anies lalu membeberkan total dana yang harus dikeluarkan untuk menjadi tuan rumah pada beberapa pagelaran internasional.

"Saya beri daftarnya ya. Untuk MotoGP, biaya penyelenggaraannya 7-9 juta dolar, F1 29,4 juta dolar, Formula E 24,1 juta dolar. Dolar Amerika ya. Piala Dunia USD 11.600 juta," ucap Anies di Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (13/8).
Menurutnya, dana yang dikeluarkan akan sebanding dengan penghasilan yang didapat. Jadi pemerintah tidak mengeluarkan dana percuma.

"Kita akan gerakkan sekitar Rp 1,2 triliun. Jadi kita keluarkan biaya tapi akan dapat Rp 1,2 triliun. Itu baru prediksi konservatif. Apalagi kalau asumsi penonton dan lain-lain, sangat konservatif sekali. Supaya kita lebih hati-hati. Jadi insyaallah bisa lebih besar lagi," kata Anies.




Tonton Video Bahas Formula E, Anies Laporan ke Jokowi:

[Gambas:Video 20detik]

(aik/jbr)