Sampah Menumpuk di Kali Utan Kayu, Wali Kota Depok Kritik Budaya Warga

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 13 Agu 2019 19:30 WIB
Foto: Matius Alfons/detikcom
Depok - Kali Utan Kayu, Cipayung, Depok, dipenuhi sampah sehingga air tak mengalir lancar. Wali Kota Depok Muhammad Idris Abdul Somad menyebut kebersihan kali tidak terlepas dari budaya masyarakat.

"Upaya sudah berkali-kali, ini terkait dengan budaya bangsa kita, budaya warga kita, gitu ya," kata Idris kepada wartawan di lapangan Mahakam, Sukmajaya, Depok, Selasa (13/8/2019).

Idris menyebut pihaknya telah menyiapkan tenaga kebersihan untuk mengangkut sampah tersebut. Selain itu, menurutnya, sudah ada program setiap bulan untuk mengangkut sampah di Kota Depok.



"Kita hanya memfasilitasi gitu, tenaga-tenaga kita sudah diprogram, direncanakan setiap tahun, bulanan itu ada kita kerja mengangkut sampah," sebutnya.

Masalah sampah adalah masalah bersama. Menurut Idris, yang perlu dibangun adalah budaya masyarakat dalam menjaga kebersihan.

"Jadi sangat terkait gimana kita membudayakan warga masyarakat kita, budaya memilah sampah, budaya membuang sampah pada tempatnya, budaya yang harus kita bangun," ungkap Idris.

Sebelumnya, tumpukan sampah menghampar di kali Utan Kayu RT 08 RW 04, Kecamatan Cipayung, Depok. Sampah menghampar hingga menutupi aliran kali sepanjang 300 meter.

Pantauan detikcom, Jumat (9/8), terlihat tumpukan sampah menutupi aliran kali. Terlihat kondisi air juga berwarna kehitaman.





Tonton Video Sampah Menumpuk di Tengah Peresmian Pasar Wonomulyo Polman:

[Gambas:Video 20detik]

(maa/mea)