detikNews
Selasa 13 Agustus 2019, 15:04 WIB

Fokus Amendemen UUD 1945, PDIP Tak Incar Kursi Ketua MPR

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Fokus Amendemen UUD 1945, PDIP Tak Incar Kursi Ketua MPR Ahmad Basarah (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - PDIP enggan terjebak dalam perebutan kursi Ketua MPR. PDIP pun menegaskan tak mengincar kursi nomor 1 di MPR itu.

"PDIP tidak ingin terjebak melulu dalam urusan rebutan kekuasaan Ketua dan Wakil Ketua MPR. Karena PDIP stressing pada agenda, pada program," kata Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Basarah mengatakan yang menjadi fokus utama partainya adalah melanjutkan agenda besar MPR pada periode 2014-2019 yang tertunda karena Pemilu 2019. Agenda tersebut adalah mengamendemen UUD 1945 secara terbatas.



"Nah ini kan bagian dari pendidikan politik kepada masyarakat karena kita tidak ingin partai-partai politik kok sibuk ngurusin posisi jabatan. PDIP keluar dari situasi itu dengan menawarkan agenda. Ini loh PDIP punya agenda, apa agendanya? Meneruskan agenda pimpinan MPR periode sekarang, yaitu mengamendemen secara terbatas UUD 1945," tuturnya.

Karena itu, kata dia, PDIP mengaku tak jadi masalah jika kursi Ketua MPR diduduki parpol lain. Asalkan agenda MPR untuk mengamendemen UUD 1945 secara terbatas dilanjutkan pimpinan MPR periode berikutnya.

"Kami, PDI Perjuangan, keluar dari paradigma itu, kami menawarkan bahwa PDIP punya agenda, ini loh agendanya, agendanya bukan agendanya PDI Perjuangan, agenda MPR sendiri untuk amendemen terbatas UUD 1945 begitu," ujar Basarah.

"Mengenai siapa pimpinannya, ya kalau agenda ini disepakati ya monggo silakan dipilih siapa ketuanya, kita memberi kesempatan, karena fokus PDIP bukan pada perebutan jabatan, tetapi bagaimana MPR memberikan manfaat pada kehidupan bangsa dan negara lima tahun ke depan ini," sambung dia.

Seperti diketahui, kursi pimpinan MPR saat ini menjadi rebutan parpol-parpol. Baik parpol koalisi Jokowi, seperti Golkar dan PKB, maupun parpol nonkoalisi Jokowi, seperti Gerindra, mengincar kursi nomor 1 di MPR itu.


Simak Video "Kursi Pimpinan MPR dan Jalan Tengah Rekonsiliasi"

[Gambas:Video 20detik]


(mae/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed