Konsolidasi Parpol Koalisi Jokowi Dinilai Strategis Sebelum Pelantikan

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 13 Agu 2019 14:44 WIB
Foto: Pengamat politik Hendri Satrio. (Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Jokowi-Ma'ruf Amin akan digelar pada Oktober 2019. Pengamat politik Hendri Satrio menilai parpol-parpol koalisi Jokowi penting untuk menyelesaikan konsolidasi internal sebelum pelantikan.

"Parpol yang berkomitmen untuk berada di pemerintahan sebaiknya memang sudah menyelesaikan urusan internal partai termasuk pemilihan ketua parpol sebelum Jokowi dilantik sebagai Presiden di periode 2019-2024," ujar Hendri kepada wartawan, Selasa (13/8/2019).


Hendri mengatakan ada beberapa alasan pentingnya konsolidasi internal parpol-parpol koalisi segera dilakukan. Pertama, kata dia, demi kesolidan parpol koalisi di pemerintahan.

"Kesolidan koalisi parpol di pemerintahan. Ini penting sehingga Jokowi tidak perlu sibuk dengan pembagian kursi bila ketum parpolnya beda," katanya.

Kedua, kata Hendri, agar eksekutif dan legislatif bisa sinergi jika konsolidasi internal segera dilakukan. Mengingat banyak kebijakan-kebijakan yang membutuhkan persetujuan legislatif.

"Percepatan akselerasi sinergi eksekutif dan legislatif bisa segera dilaksanakan. Kebijakan-kebijakan yang membutuhkan persetujuan DPR dapat dipersiapkan lebih awal," tutur Hendri.


Selain itu, menurut Hendri, dengan konsolidasi internal yang telah usai sebelum Jokowi dilantik, maka kesolidan seluruh kader parpol koalisi akan semakin kuat.

"Parpol sudah selesai mengkonsolidasi kadernya hingga ke daerah untuk satu derap mendukung Jokowi-Ma'ruf," pungkas dia.


Gerindra Gabung Koalisi Bisa Rusak Solidaritas? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(mae/idh)