detikNews
Selasa 13 Agustus 2019, 12:30 WIB

Jemaah Tarekat Syattariyah di Medan Gelar Salat Idul Adha Hari Ini

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
Jemaah Tarekat Syattariyah di Medan Gelar Salat Idul Adha Hari Ini Masjid lokasi salat Idul Adha jemaah Tarekat Syattariyah (Foto: Khairul Ikhwan/detikcom)
Medan - Anggota jemaah Tarekat Syattariyah di Medan, Sumatera Utara (Sumut), baru merayakan Idul Adha hari ini. Perbedaan waktu dengan jadwal pemerintah ini disebutkan sudah melalui proses hisab.

Salat Idul Adha jemaah tersebut dilaksanakan di lima lokasi berbeda pada Selasa (13/8/2019), yakni 2 masjid dan 3 musala. Jemaah terbanyak ada di Masjid Raya Syeh Burhanuddin, di Jalan Rawa II, Gang Sempurna, Kelurahan Tegal Sari Mandala III, Kecamatan Medan Denai.


"Di masjid ini, pagi tadi sekitar lima ratus jemaah lebih yang melaksanakan salat Idul Adha," kata salah satu jemaah, Abay.

Abay mengatakan bagi jemaah Syattariyah, pelaksanaan salat Idul Adha baru dilaksanakan hari ini karena sudah ditetapkan oleh para pemimpin jemaah. Selain di Sumut, pelaksanaan salat Idul Adha tarekat ini juga dilakukan hari ini di Sumatera Barat dan beberapa daerah lain.



"Hari ini kita juga menyembelih kurban. Satu ekor lembu," kata Abay.

Perbedaan waktu Idul Adha maupun Idul Fitri antara pemerintah dan jemaah Syattariyah sudah beberapa kali terjadi dalam kurun 10 tahun terakhir. Pengikut Syech Burhanuddin dari Ulakan, Pariaman, Sumatera Barat ini, mendasarkan penghitungannya dari hisab taqwin kalender kamsiyah.



Tonton video Bentrok Pecah saat Warga Palestina Rayakan Idul Adha di Al Aqsa:

[Gambas:Video 20detik]


(rul/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed