detikNews
Selasa 13 Agustus 2019, 12:01 WIB

Wiranto Harap Pihak yang Duakan Pancasila Ikuti Ikrar Seperti Eks DI/TII

Eva Safitri - detikNews
Wiranto Harap Pihak yang Duakan Pancasila Ikuti Ikrar Seperti Eks DI/TII Wiranto saat menyaksikan ikrar setia Pancasila (Foto: Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Eks anggota kelompok Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII), Harokah Islam Indonesia, hingga Negara Islam Indonesia (NII) mengucapkan ikrar setia Pancasila. Menko Polhukam Wiranto berharap ikrar ini jadi contoh pihak yang disebutnya menduakan Pancasila.

"Saudara sekalian tentunya kita berharap bahwa kesadaran semacam ini tidak hanya berlaku di ruangan ini, tapi terus menyebar, sehingga dapat dicontoh, diikuti oleh teman-teman lain yang masih menduakan ideologi Pancasila yang masih bercita-cita untuk mengubah NKRI menjadi wajah yang lain," kata Wiranto di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).



Dia mengatakan pengucapan ikrar setia Pancasila ini mendapat apresiasi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Wiranto menyebut dirinya bangga atas ikrar yang diucapkan eks anggota DI/TII hingga NII tersebut.

"Kita semua, serta presiden juga memberikan apresiasi menyambut baik, sangat berbangga dengan keikhlasan kesetiaan saudara sekalian dan tentu teman-teman yang sekarang banyak di luar sana menyaksikannya untuk bersama-sama berikrar setia kepada NKRI," ujar Wiranto.

Dia berharap momen ikrar ini menjadi peluang bagi orang-orang yang disebutnya masih belum sadar untuk mengikuti jejak pihak yang telah mengucapkan ikrar. Dia menyebut niat untuk berikrar setia pada Pancasila tergantung pada diri individu.



"Mudah-mudahan momen ini merupakan satu peluang yang sangat baik untuk teman teman di luar sana yang belum sadar untuk sadar mengikuti jejak teman-teman yang saat ini sama sama kita di ruangan ini, saudara sekalian tentu semua ini tergantung kepada kita sekalian," tutur Wiranto.

Sebelumnya pembacaan ikrar dilakukan oleh 14 mantan anggota gabungan dari kelompok berbagai kelompok. Pembacaan ikrar dipimpin langsung oleh anak Kartosuwiryo eks pimpinan DI/TII, Sarjono Kartosuwiryo, dan disaksikan oleh Wiranto.



Tonton juga video Ketua PA 212: NKRI Bersyariah Hanya Istilah, Pancasila Tak Hilang:

[Gambas:Video 20detik]


(eva/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed