detikNews
Selasa 13 Agustus 2019, 12:04 WIB

PD Ingin Perkuat Pemerintahan Jokowi, PKB: Tergantung Kesepakatan

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
PD Ingin Perkuat Pemerintahan Jokowi, PKB: Tergantung Kesepakatan Foto: Andhika Prasetia-detikcom
Jakarta - Kadiv Advokasi dan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean, mengatakan partainya telah mengukuhkan diri mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kalau soal bergabung atau tidak, itu kan keputusan partai yang bersangkutan ya. Pada prinsipnya, kata kucinya kan tergantung pada kesepakatan Demokrat dengan Pak Jokowi," kata Ketua DPP PKB, Abdul Kadir Karding, kepada wartawan, Kamis (13/8/2019).

Karding mengatakan hingga saat ini belum ada pembicaraan soal merapatnya Partai Demokrat ke koalisi. Namun, dia meyakini jika ada penambahan koalisi Jokowi akan membicarakannya dengan parpol koalisinya.
"Ini kalau Pak Jokowi misalnya menghendaki harus ada tambahan koalisi ya tentu akan dibahas di partai-partai. Nanti pembahasannya seperti apa, keputusannya seperti apa, tentu kami harus nunggu dulu kan," ujarnya.

Karding pun tak khawatir jatah kursi menteri untuk parpol koalisi Jokowi berkurang jika masuk parpol baru untuk mendukung. Dia mengatakan semua tergantung kesepakatan yang dihasilkan.
"Makanya kan pasti akan dibahas di rapat-rapat nanti misalnya apa bentuk bargainingnya gitu kan apakah kabinet, apakah legislatif baik di MPR, DPR tentu nanti ada pembicaraan-pembicaraannya, dan itu akan dibahas, dibahas seperti apa tentu kan kita belum tahu seperti apa hasilnya. Prinsipnya tentu kami akan berjalan seperti apa nanti," tutur Karding.

Sebelumnya diberitakan, Kadiv Advokasi dan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean, mengatakan partainya telah mengukuhkan diri mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia menyatakan PD siap memperkuat pemerintahan Jokowi di periode kedua.

"Kalau ditanya kemana arah politik Partai Demokrat ya, arahnya adalah untuk memperkuat pemerintahan Pak Jokowi ke depan," kata Ferdinand kepada wartawan, Senin (12/8/2019).




Tonton video PD: Zaman SBY Tak Ada Koalisi Minta Jatah Menteri di Kongres:

[Gambas:Video 20detik]


(mae/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com