detikNews
Senin 12 Agustus 2019, 17:34 WIB

Kejar 343 Juta Penumpang di 2019, PT KCI Tambah Perjalanan dan Rangkaian KRL

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Kejar 343 Juta Penumpang di 2019, PT KCI Tambah Perjalanan dan Rangkaian KRL Ilustrasi KRL (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyatakan terjadi peningkatan penumpang kereta rel listrik tiap tahunnya. Tahun ini ditargetkan ada 343,5 juta penumpang yang menggunakan layanan KRL.

"Kalau kita lihat volume penumpangnya ya selalu meningkat dari tahun ke tahun. Kalau dilihat di tahun 2014, KCI mengangkut 206,8 juta penumpang. Terus meningkat sampai dengan di 2018 kemarin KCI sudah mengangkut 336,3 juta penumpang. Untuk 2019 program yang pasti tercapai kalau untuk angkutan volume penumpang ini sebesar 343,5 juta penumpang," kata Dirut PT KCI, Wiwik Widayanti, Aula Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta, Jalan Taman Jatibaru No. 1 Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (12/8/2019).


Dia mengatakan menurut Perpres 83/2011 tentang Penugasan Kepada PT KAI (Persero) untuk Menyelenggarakan Prasarana dan Sarana Kereta Api Bandar Udara Soekarno-Hatta dan Jalur Lingkar Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi, PT KCI ditargetkan agar ada 1,2 juta penumpang tiap harinya. Namun, saat ini jumlah penumpang tertinggi masih sebesar 1,1 juta penumpang.

Wiwik mengatakan jumlah perjalanan dan jumlah rangkaian KRL pun terus ditambah agar target 980 perjalanan dan 343 juta penumpang tahun ini bisa tercapai. Pihaknya masih terus melakukan pembenahan di berbagai sisi.

FGD Revitalisasi Commuterline JabodetabekFGD Revitalisasi Commuterline Jabodetabek (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)

"Kalau dilihat dari jumlah perjalanannya, jumlah perjalanan dan jumlah rangkaian dan untuk mengangkut orang itu jumlah perjalanannya dari 2014 hanya ada 627 perjalanan. Sekarang 2019 secara program 980 perjalanan. Saat ini masih 958 perjalanan. Jadi kalau di Daop I, itu jumlah perjalanan kereta semuanya sekitar, 1.400 ya. Ini 980-nya itu adalah perjalanan KRL, sisanya adalah perjalanan KA intercity (antarkota)," kata Wiwik.


Dia mengatakan PT KCI juga ingin mempercepat perjalanan tiap KRL dengan cara mengembangkan stasiun. Selain itu, PT KCI juga akan meminta kepada Dirjen Kereta Api (KA) untuk melakukan percepatan penyelesaian double-double track khususnya lintas Manggarai dan Bekasi.

PT KCI juga akan mengupayakan perpanjangan peron. Sehingga KRL dengan rangkaian panjang bisa mengangkut penumpang dengan baik. Dia mengatakan untuk mencapai tujuan tersebut, PT KCI ingin agar fasilitas lain disediakan bagi penumpang seperti penyeberangan orang dan hall di sejumlah stasiun.

"Ini untuk mempermudah juga supaya orang lebih mau menggunakan commuter dan meninggalkan untuk kendaraan pribadi kami berikan kemudahan-kemudahan seperti sekarang menggunakan tiket KMT ya Kartu Multi Trip, kartu yang harian yang berjaminan, kemudian menggunakan aplikasi-aplikasi di sini KRL Akses ya. Ada untuk passanger information display di stasiun maupun KRL-nya. Tahun ini atau pun bulan-bulan ini sudah menetapkan 5 stasiun KMT," ujar Wiwik.
(jbr/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed