Viral Tukang Becak Buang Sampah ke Sungai Musi Bikin Pemkot Gregetan

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 12 Agu 2019 16:01 WIB
Foto: Tukang becak buang sampah ke Sungai Musi (Raja-detik)
Palembang - Video seorang pengendara becak motor (bentor) buang sampah ke Sungai Musi Kota Palembang, Sumatera Selatan viral di media sosial. Pemkot Palembang dan warga pun gregetan dengan aksi pelaku yang buang sampah sembarangan

Dalam video diterima detikcom, terlihat jelas pengendara becak buang sampah dari atas jembatan Kramasa, Kertapati. Sampah dibuang menggunakan plastik ke sungai yang mengalir deras. Mirisnya, pengendara becak membuang sampah di siang bolong. Bahkan masih banyak pengendara melintasi jembatan yang pernah ditabrak tongkang tersebut.

"Udah sering itu masyarakat membuang sampah pakai becak ke sungai Musi. Ya kadang sehari bisa lebih dari 3 kali," kata seorang warga, Andika kepada detikcom, Senin (12/8/2019).



Andika menyebut, berbagai modus juga dilakukan saat buang sampah di lokasi. Ada yang menggunakan bacak, sepeda motor hingga mobil pickup.

"Pernah pakai pickup, jadi melintas dan buang sampah. Padahal tidak jauh dari situ ada tong sampah," katanya.

Sementara itu, Kabag Humas Pemekot Palembang Amiruddin Sandy mengaku sudah menerima laporan itu. Pihaknya kini sedang memburu si tukang becak.

"Iya kami sudah tahu, ada laporan juga. Pemkot udah koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP dan juga camat setempat untuk mencari pelaku tersebut," kata Amir.

Amir mengakui aktifitas buang sampah di Sungai Musi masih sering terjadi dan terus berulang. Bahkan himbauan dinas gerkait sepertinya belum digubris. Amir menegaskan, jika pelaku telah ditangkap bisa terancam pidana dan pihaknya tak akan segan-segan mengancam dengan hukuman denda maksimal yaitu Rp 50 juta.

"Nanti kalau tertangkap pasti akan kami proses hukum. Jelas itu melanggar dan dapat kena sanksi 3 bulan kurungan dan denda Rp 50 juta," tutupnya.



Endapan Sampah Puluhan Tahun di Gresik Diangkat:

[Gambas:Video 20detik]

(ras/rvk)